10 Jenis Semangka yang Populer Akan Rasa Manisnya, Sudah Pernah Coba!

10 Tanaman Hias Indoor Warna Pink yang Indah Dipandang
November 26, 2022

10 Jenis Semangka yang Populer Akan Rasa Manisnya, Sudah Pernah Coba!

Hampir semua orang tentu mengenal buah yang satu ini, apalagi kalau bukan semangka. Jenis buah yang kaya akan kandungan air ini memang sangat menyegarkan dan ampuh untuk melepas dahaga. Tak hanya itu, semangka juga sering dikonsumsi karena kaya akan gizi didalamnya. Umumnya buah semangka segar dipanen untuk dikonsumsi langsung atau dibuat jus dan bahkan bijinya juga bisa dikeringkan dan disangrai untuk dibuat jadi kuaci.

Semangka merupakan tanaman buah merambat yang masih termasuk dengan labu-labuan dan juga melon. Sebetulnya, terdapat berbagai varietas buah semangka yang berbeda, tapi sayangnya tak semua bisa ditemui di Indonesia. Selain buah semangka yang sering kita konsumsi, ada beberapa jenis semangka yang cukup populer dengan rasa manisnya.

1. Allsweet

Untuk jenis ini merupakan semangka piknik, yang dikenal dengan ketahanannya terhadap penyakit tanaman. Biasanya, berat semangka ini sekitar 11kg – 13kg, dengan panjang 43cm – 48cm. Bagian daging buah semangka allsweet ini berwarna merah cerah, biji berwarna cokelat gelap, serta bagian permukaan kulit memiliki warna belang hitam dan hijau cerah.

2. Charleston Gray

Jenis selanjutnya masih tergolong dalam semangka piknik, ada semangka charleston gray yang memiliki bentuk silinder, dengan warna kulit abu-abu kehijauan. Ketika sudah matang, berat semangka charleston gray ini sekitar 12kg – 15kg, dengan ukuran 38cm – 60cm. Semangka charleston gray memiliki daging buah berwarna merah cerah, sedikit serat pada daging buah, serta biji berwarna kehitaman.

3. Crimson Sweet

Berikutnya yakni crimson sweet, jeni semangka yang dikenal sangat lezat, produktif, dan juga tahan akan penyakit. Jika sudah matang, semangka ini bisa mencapai berat sekitar 11kg – 15kg, dan ukuran sekitar 38cm – 60cm. Kulit buah crimson sweet ini cukup tebal, warna daging buah yang merah pekat, dengan biji berwarna hitam kecil, serta rasa manis yang nikmat tentunya.

4. Georgia Rattlesnake

Semangka jenis georgia rattlesnake panjang buah bisa mencapai 60cm dan berat 13kg ketika sudah matang dan layak panen. Bagian kulit semangka ini cukup lumayan tipis dan berwarna hijau muda, dengan garis-garis berwarna hijau tua atau gelap. Daging buah semangka ini berwarna merah muda yang cerah.

5. Klondike Blue Ribbon Striped

Untuk semangka jenis ini adalah salah satu varietas semangka dengan rasa yang sangat manis dan legit. Pada bagian kulit buah yang cukup tipis dan bertekstur kasar, dengan warna dasar hijau muda dan belang berwarna hijau tua. Bila sudah siap dipanen, berat dari semangka ini bisa mencapai 13kg, Loh….

Mau budidaya semangka dan hasilnya maksimal! Gunakan Mulsa Plastik untuk lahan tanamnya. Info harga produk klik DISINI

6. Sweet Princess

Mau tau rasa manisnya daging buah semangka, coba dengan mengonsumsi semangka sweet princess ini. Jenis semangka yang juga dikenal tahan akan penyakit, dengan berat mencapai hingga 13kg dan panjang 38cm ketika siap dipanen. Mempunyai kulit buah yang tipis, dengan daging buah yang berwarna merah muda, dan tekstur daging buah yang halus, serta biji kecil berwarna gelap.

7. Golden Midget

Apabila kamu mencari semangka dengan ukuran kecil dan memiliki rasa yang manis, maka semangka golden midget bisa menjadi pilihan. Golden midget sendiri hanya memiliki berat sekitar 1kg saja, sehingga bisa dihabiskan dalam waktu yang cukup singkat. Warna kulitnya akan berubag menjadi kuning keemasan ketika sudah siap dipanen, bagian daging buahnya berwarna merah muda cerah, dan biji berwarna hitam

8. Little Darling

Jenis semangka little darling dikenal karena memiliki rasa yang sangat manis, karena memang kandungan gulanya yang cukup tinggi. Jika warna kulit sudah berubah menjadi hijau gelap, semangka sudah siap dipanen dan pada daging buah berwarna merah, dengan berat sekitar 2kg – 3kg. Waktu yang dibutuhkan untuk memanen buah semangka satu ini tidak begitu lama, karena hanya membutuhkan 65 – 70 hari saja.

9. Mini Love

Selanjutnya merupakan semangka mini love, jenis semangka yang memiliki cita rasa manis, untuk berat yang sudah siap untuk dipanen sekitar 1kg – 3kg. Bagian daging buahnya akan berwarna merah pekat ketika sudah matang, dan tentunya kaya akan kandungan gula. Adapun hal unik dari semangka yang satu ini, meskipun kulit buah terbilang tipis, tapi ketahanannya akan pecah sangatlah tinggi.

10. Big Tasty

Dan yang terakhir yakni big tasty, varietas semangka tanpa biji yang memiliki rasa manis yang lezat. Semangka big tasty ini bisa mencapai berat hampir 4 kilogram ketika sudah siap dipanen, dengan diameter buah 30cm. Bentuk dari semangka big tasty ini oval atau bulat, dengan warna kulit buah abu kehijauan, dan daging buah yang merah cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *