7 Varietas Buah Mangga yang Digemari Banyak Orang, Kamu Suka yang Mana!

Mengenal Varietas Melon Luna, Si Kulit Kuning yang Menyehatkan
August 24, 2023
7 Jenis Tanaman Berumur Pendek, Tanam Sekali Panen Berkali-kali!
September 12, 2023

7 Varietas Buah Mangga yang Digemari Banyak Orang, Kamu Suka yang Mana!

Beragam jenis buah yang tumbuh di Indonesia, buah mangga menjadi salah satu yang paling populer di dunia. Dikenal dengan rasanya yang manis, aroma harum, dan tekstur daging yang lembut, hal tersebut membuat buah mangga banyak disukai oleh semua orang, dari anak-anak hingga orang dewasa.

Memiliki daging berwarna kuning serta mengandung vit A, vit C, vit E, serta serat yang baik untuk pencernaan. Tak hanya itu, mangga juga memiliki kandungan senyawa antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas. Nah, berikut ini beberapa jenis mangga yang tumbuh di Indonesia dan disukai banyak orang.

Mangga Arumanis

Mangga arumanis adalah salah satu varietas mangga yang paling terkenal di Indonesia. Buah ini memiliki rasa manis yang khas dan daging buah yang tebal. Kulitnya tipis dan lembut, sehingga mudah dikupas. Mangga arumanis sering kali menjadi favorit di meja makan keluarga Indonesia. Varian ini biasanya musim pada pertengahan hingga akhir tahun.

Mangga Gedong Gincu

Mangga gedong gincu adalah jenis mangga yang juga dikenal dengan nama mangga merah. Nama ini merujuk pada warna kulitnya yang merah cerah ketika matang. Buah ini memiliki rasa yang manis dan sedikit asam. Daging mangga gedong gincu berwarna kuning cerah dan sangat lembut. Ini adalah pilihan populer untuk dimakan langsung atau diolah menjadi jus dan salad buah.

Mangga Manalagi

Mangga manalagi adalah varietas mangga yang cukup besar dan memiliki daging buah yang tebal. Rasa mangga Manalagi adalah perpaduan manis dan sedikit asam, menciptakan rasa yang menyegarkan. Kulitnya berwarna hijau dengan beberapa bercak merah. Buah ini biasanya matang pada awal hingga pertengahan tahun.

Mangga Kent

Mangga Kent memiliki daging buah yang sangat lembut dan manis. Buah ini biasanya berukuran sedang hingga besar, dengan kulit yang berwarna hijau tua ketika matang. Mangga kent sering digunakan untuk membuat jus, smoothie, atau salad buah karena rasa manisnya yang kuat.

Mangga Golek

Mangga golek adalah varietas mangga yang dikenal karena bentuknya yang unik, mirip dengan bola. Buah ini memiliki rasa manis dengan sedikit sentuhan asam. Kulitnya berwarna kuning cerah ketika matang, dan tekstur daging buahnya sangat lembut. Mangga golek sering dijadikan camilan sehat atau diolah menjadi manisan.

Pohon mangga Anda berbuah! Segera berikan brongsong/pembungkus buah, agar aman dari serangan hama dan penyakit, info produk cek Disini

Mangga Kweni

Biasa disebut dengan mangga kuini, mangga jenis ini mempunyai aroma yang sangat khas dan berbeda dari jenis lainnya. Buahnya berbentuk lonjong dengan ujung yang membulat. Bagian daging buah cenderung berwarna kuning dengan tekstur berserat, mengandung banyak air, serta rasanya manis segar. Bahkan buah ini sangat cocok untuk campuran rujak serut atau sambal nih.

Mangga Indramayu

Mangga Indramayu, seperti namanya, berasal dari daerah Indramayu di Jawa Barat. Mangga ini terkenal karena rasanya yang manis, daging buahnya yang tebal, dan aroma harumnya. Kulit mangga Indramayu berwarna hijau cerah ketika matang. Mangga ini biasanya musim pada awal hingga pertengahan tahun.

Semua jenis mangga yang tumbuh di Indonesia memiliki daya tariknya masing-masing dan seringkali menjadi buah yang sangat dicintai dalam hidangan Indonesia. Terlepas dari variasi jenisnya, satu hal yang pasti, mangga adalah buah yang menyegarkan, lezat, dan menggugah selera yang menjadi bagian penting dari budaya kuliner Indonesia. Dalam segala bentuknya, mangga Indonesia selalu menjadi favorit di meja makan keluarga dan menjadi ikon buah tropis yang lezat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *