Berbagai Macam Ukuran Polybag dan Fungsinya

Paranet Untuk Budidaya Pertanian
Berkebun Tanaman Anggrek dengan Paranet
July 31, 2016
Tanaman Polybag, Hiasan Penuh Manfaat
July 31, 2016

Berbagai Macam Ukuran Polybag dan Fungsinya

Polybag terdiri dari berbagai macam jenis ukuran serta pilihan warna, putih transparan dan hitam. Ukuran polybag ini tentunya juga dibuat sesuai dengan kebutuhan kegiatan pertanian. Ada ukuran kecil (untuk pembibitan) dan ukuran besar yang biasanya digunakan untuk menanam tanaman yang hampir berbuah. Anda dapat memilih ukuran polybag sesuai dengan jenis tanaman dan tahapannya. Bisa jadi suatu tanaman cukup menggukan polybag ukuran sedang sebagai media tanam tetapi jenis tanaman lain membutuhkan polybag ukuran besar sebagai media tanam. Hal tersebut ditentukan dengan jenis tanamannya.
Penentuan ukuran polybag dapat memperhatikan beberapa hal, mulai dari bentuk akar tanaman tesebut, perkembangan tanaman tersebut (apakah sampai besar atau tidak), atau ketersediaan lahan untuk bercocok tanam. Berikut akan kami sampaikan mengenai ukuran-ukuran polybag dan pemanfaatan dari setiap ukuran tersebut.

1. Polybag ukuran 8 X 9 cm. Ukuran polybag ini biasanya digunakan untuk menyemai biji sayuran. Misalnya untuk menyemai biji cabai, bayam, terong, paprika dan sebagainya. Fungsi utama dari polybag ini adalah untuk menyemai biji sebelum akhirnya dipindahkan ke lapangan. Tujuan dari kegiatan ini adalah agar tanaman dapat beradaptasi dengan baik saat ditanam di media tanam yang lebih besar (kebun).
2. Polybag ukuan 10 X 15 cm. Ukuran polybag ini merupakan ukuran yang baik untuk pembibitan tanaman sengon. Sebagaimana kita ketahui, sengon adalah salah sat tanaman primadona untuk ditanam di perkebunan milik warga. Menjual bibit sengon tentunya akna menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. Apalagi saat sengon memiliki ukuran sekitar 10 cm tanaman terseut dapat dipindahkan ke kebun atau ladang.
3. Polybag ukuran 12 X 17 cm. Bibit sawit kecil yang memiliki tiga sampai empat helai sangat cocok menggunakan polybag ukuran ini. Setelah tiga setengah bulan dalam polybag ukuran ini dapat dipindahkan ke polybag yang lebih besar. Sangat disarankan bahan polybag yang dipilih memiliki kualitas nomer wahid.
4. Polybag Ukuran 17,5 X 40 cm. Jika Anda memiliki hobi menanam sayuran di halaman rumah maka polybag ukuran ini merupakan ukuran polybag yang paling tepat. Pertumbujan akar akan maksimals sehingga tanaman akan mendapatkan makanan dengan cukup. Selain tersebut tanaman akan tetap tumbuh dan berbuah sebagaimana sayuran yang ditanam di media tanam berupa tanah.
5. Polybag ukuran 40 X 50 cm. Bagi Anda yang berkeinginan untuk melakukan budidaya jahe di lahan yang tidak terlalu luas, disarankan menggunakan ukuran polybag 40 X 50 cm. Dengan menggunakan plybag sebagai media tanam jahe akan memberikan keuntungan yang berlipat. Cara pemeliharaannya pun tidak terlalu sulit. Anda cukup melakukan penyiraman, penyiangan, penggemburan media tanam, pengendalian hama dan penyakit, serta pemupukan.

Intinya, jika Anda bermaksud untuk membudidayaan tanaman dengan menggunakan polybag sebaiknya menggunakan ukuran polybag yang besar, sehingga tanaman dapat memproduksi makanan sesuai dengan kebutuhannya. Tetapi jika Anda berminat untuk pembibitan menggunakan ukuran ploybag yang lebih kecil. Selain ukuran polybag anda juga perlu memperhatikan jenis bahan pembuatan polybag. Jangan sampai berniat untuk menanam menggunakan polybag sebagi media tanam budidaya tanaman pilihan Anda ternyata kualitas dari ploybag yang Anda pilih tidak bagus. Penggunaan polybag sebagai media tanam akan meberikan Anda banyak keuntungan.

Untuk mendapatkannya pun tidak terlalu sulit. Ada banyak toko yang menjual polybag.
Semoga sedikit artikel menganai pemanfaatan polybag dengan memperhatikan ukurannya masing-maing dapat membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *