Budidaya kerang mutiara dengan waring ikan

Kerjasama Lim Corporation Dengan Vatan Istanbul Turki
September 14, 2018
Penggunaan Waring, Cara Mudah Penanganan Panen Sayuran
October 2, 2018

Kerang adalah salah satu biota laut yang memiliki nilai jual tinggi. Apalagi bila kerang tersebut adalah jenis kerang yang dapat meghasilkan mutiara. Umumnya kerang penghasil utiara hidup lepas di lautan, namun jenis kerang mutiara kini telah banyak di budidayakan untuk kebutuhan industri fashion, perhiasan dan kosmetik kecantikan.

Budidaya kerang mutiara ini bisa dilakukan dengan menggunakan air laut mauoun air tawar. Ya, sekarang kerang mutiar juga ada yang bisa hidup di ari tawar. Namun kali ini kita akan membahas mengenai budidaya kerang air laut.

Budidaya kerang air laut dapat anda lakukan dengan membuat keramba di area sekitar pantai. Keramba ini berfungsi sebagai tempat hidup buatan bagi kerang laut. Penggunaan keramba pada budidaya kerang mutiara juga dimaksudkan agar kerang yang tengah di budidayakan tidak terlepas ke lautan luas. Ketika kerang di budidayakan di dalam keramba maka kerang tidak akan terbawa ombak.

Umumnya keramba dilautan di buat dengan menggunakan waring ikan atau water net yang bentuknya menyerupai lembaran jaring-jaring dengan rongga-rongga. Waring ikan yang dimaksud disini bukanlah waring yang digunakan untuk mengemas produk sayur mayur ataupun buah-buahan. Waring ikan biasanya terbuat dari ayaman plastik atau benang nylon yang lebih kokoh. Berbeda dengan waring sayur yang terbuat dari bahan plastik sederhana yang dianyam hingga berbentuk seperti karung dan memili beberapa warna seperti warna merah, warna kuning, warna orange dan lain sebagainya.

Untuk pembuatan keramba kerang mutiara ada beberapa jenis waring ikan yang dapat anda gunakan seperti waring ikan jenis RK. Waring ikan jenis ini terbuat dari bahan plastik atau benang nylon yang kokoh. Kekokohan waring jenis ini terlihat dari susunan 4 benang vertikal yang di anyam dengan 3 benang horizontal. Jenis waring ikan RK biasany dijual dalam bentul gulungan rol dengan panajang waring kurang lebih 100 meter untuk setiap rolnya. Waring ikan RK memiliki lebar sekitar 1,2 meter dan bobot 16 kilo gram setiap 1 gulungan rol.

Selain waring ikan jenis RK ada satu jenis waring lagi yang dapat anda gunakan sebagai keramba budidaya kerang mutiara. Waring tersebut adalah waring ikan jenis Polinet. Waring ini dibuat dengan anyaman benang berbahan plastik jenis polietilen. Disusun dari 2 benang vertikal plintir, dengan satu rongga diselipkan secara zigzag 1 benang horizontal. Akan tetapi dari masing-masing pertemuan benang vertikal dan horizontal selalu dikuatkan dengan ikatan. Jadi waring ikan jenis polinet cukup kuat jika digunakan sebagai keramba kerang mutiara yang anda budidayakan.

Penggunaan waring ikan sebagai keramba budidaya kerang mutiara anda akan membawa banyak keuntungan. Selain harganya yang terjangkau, waring ikan juga sudah banyak diperjualkan di toko-toko material sehingga anda tidak akan mengalami kesulitan dalam pembelian waring ikan tersebut. Waring ikan juga mudah untuk dibersihkan, anda hanya perlu membersihkan waring ikan dengan sikat tanpa sabun apabila waring berlumut. Dalam hal pemasangan juga mudah, anda hanya perlu membentangkan waring ikan di kerangka keramba anda. Gunakan paku atau tali sebagai pengunci atau perekat keramba dengan kerangka.

Bagaimana? Mudah bukan membuat keramba dengan waring ikan. Bukan hanya mudah, pembuatan keramba dengan waring ikan juga lebih hemat. Tertarik untuk membudidayakan kerang mutiara di laut. Segera beli waring ikan dan mulailah usaha budidaya kerang mutiara anda. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *