Daftar 5 Hama Mematikan Yang Gemar Menyerang Tanaman Okra!

Cara Lengakap Budidaya Tanaman Paprika Hidroponik
February 6, 2018
Membuat Kandang Kambing Etawa Dengan Plastik UV
February 13, 2018

Daftar 5 Hama Mematikan Yang Gemar Menyerang Tanaman Okra!

Di wilayah Indonesia, okra memanglah kurang populer dikalangan masyarakat. Umumnya sayur okra banyak dimanfaatkan buah yang muda berbentuk seperti silindris meruncing guna bagian sayur. Ataupun pada beberapa negara besar semisal negara India, Saudi Arabia, Srilangka, Philiphina, Jepang serta Eropa, masakan yang berasal dari okra ini sungguh sudah populer.

1. Nematoda Bintil

Hama nematoda ini berasal dari spesies Meloidogyne spp. mengakibatkan bintil di akar tumbuhan okra yang bisa berdiameter sekitar 3,3 cm, namun umumnya cukup kecil. Kekuatan pohon akan mengalami penurunan, serta tanaman okra akan menguning sama halnya dengan terkena air panas.

2. Ulat Grayak
Hama ulat yang menjangkit tanaman okra, yakni Spodoptera exigua serta S. praefica. Untuk cara gejala serangannya ialah adanya lubang-lubang bentuknya memanjang maupun cukup membulat hingga tak berurutan di dedaunan. Gejala serangan yang cukup berat oleh si larva muda yang bisa mengakibatkan daun cuma sisa tulang daunnya saja. Untuk bagian buah adanya sedikit luka yang sudah mengering.

3. Helicoverpa Zea
Hama ini merupakan ulat yang untuk pertama kalinya ditemukan dan menyerang pohon jagung, oleh sebab itu ulat ini juga dikenal ulat pemakan jagung. Ulat ini pula menjangkit tanaman okra dengan cara melahap daun, tunas, bunga serta juga polongnya. Ulat yang muda akan berwarna sedikit putih krem dengan bentuk kepala hitam dan juga mempunyai warna rambut hitam.

4. Ulat Jengkal
Hama ulat yang bernama latin Crichoplusia ini, gemar menyerang tanaman okra dengan cara melahap bagian daunnya. Di daun yang diserang bakal nampak ada lubang ukurannya besar maupun kecil. Tingkat kerusakan pada daun dapat berakibat sangat serius. Hama ulat ini berwarna agak hijau pucat serta bergaris putih pada sepanjang keliling sisi tubuhnya.

5. Tungau Laba-laba
Hama berupa tungau laba-laba, atau juga Tetranychus urticae ini suka menyerang pohon okra dengan cara menghisap sedikit cairan dari bagian daun. Di daun okra, nampak ada bercak seperti staples dengan seperti halo kuning. Daun bakal kelihatan warnanya perunggu. Daun akan tertutupi sebagian jaring sutra semisal laba-laba.

 

Baca Juga :

Si Merah Yang Tumbuh Subur Dalam Polybag

Tips Sukses Berbisnis Pemancingan

Garam Putih Bersih dengan Plastik Alas Tambak

Mengenal Plastik UV Greenhouse dan Proses pembuatannya

Garam Putih Bersih dengan Plastik Alas Tambak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *