Mengenal Ragam Jenis Alpukat di Indonesia: Dari Hass hingga Miki

7 Manfaat Penggunaan Biosurfaktan untuk Pertanian, Sudah Tau Belum!
April 29, 2023
Kombinasi Metode Budidaya Tradisional dan Modern untuk Kebun Buah yang Sukses
May 13, 2023

Mengenal Ragam Jenis Alpukat di Indonesia: Dari Hass hingga Miki

Alpukat adalah salah satu jenis buah-buahan yang sangat populer di Indonesia. Buah ini memiliki daging yang lembut dan kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan serat. Alpukat juga mengandung lemak sehat, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Buah yang dulu lebih sering diolah untuk jus atau dilembutkan dengan gula, kini justru banyak dikreasikan dengan beragam ide olahan, khususnya untuk menu-menu sehat bagi para pelaku gaya hidup sehat. Selain dijadikan pelengkap hidangan, banyak juga yang suka memakan langsung buah alpukat.

Buat yang suka memakan langsung buah alpukat, pasti bisa merasakan perbedaan dari aneka jenis alpukat. Ada yang gurih lembut, gurih dengan tekstur padat, ada yang berserat, ada juga yang memiliki sedikit rasa manis. Di Indonesia, terdapat beberapa jenis buah alpukat yang paling populer dan berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Alpukat Hass

Alpukat Hass adalah salah satu jenis alpukat yang paling populer di Indonesia. Buah ini memiliki kulit berwarna hijau gelap hingga ungu kehitaman ketika matang. Daging buahnya sangat lembut dan berwarna hijau kekuningan. Alpukat Hass biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai macam makanan dan minuman seperti jus, smoothie, salad, dan sandwich.

Alpukat Hass juga kaya akan nutrisi seperti vitamin K, vitamin C, vitamin E, folat, dan kalium. Kandungan lemak sehatnya juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Karena itulah, alpukat Hass sangat cocok dikonsumsi sebagai bagian dari diet sehat.

2. Alpukat Wina

Alpukat wina yang dikembangkan oleh petani di Semarang ini kini menjadi begitu populer. Kulitnya tebal dan berwarna hijau mengkilap. Alpukat wina banyak dicari karena buahnya yang berukuran besar, berdaging tebal dan rasanya yang gurih. Satu buah saja beratnya bisa mencapai 2 kg, lho. Buat pecinta alpukat, pasti bakal puas makan jenis alpukat ini.

3. Alpukat Mentega

Alpukat Mentega merupakan jenis alpukat yang memiliki kulit berwarna hijau muda dan daging yang sangat lembut. Buah ini biasanya memiliki rasa yang sangat creamy dan manis, serta aroma yang khas. Alpukat Mentega biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai macam makanan dan minuman seperti jus, smoothie, salad, dan kue.

Alpukat Mentega juga kaya akan nutrisi seperti vitamin K, vitamin C, vitamin E, folat, dan kalium. Kandungan lemak sehatnya juga cukup tinggi, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah. Selain itu, alpukat Mentega juga diketahui memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu mencegah kerusakan sel dan jaringan dalam tubuh.

4. Alpukat Kendil

Alpukat kendil memiliki ciri hampir mirip dengan kendil, menggelembung di bagian bawah buah dan berukuran cukup besar. Ukuran buah ini mencapai 200 hingga 300 gram. Yang menjadikan alpukat kendil populer adalah teksturnya yang lembut, sehingga memanjakan lidah anda. Ciri-ciri yang dapat dikenal dari buah alpukat kendil yaitu dagingnya yang tebal dan pulen, meski tentu tak setebal alpukat wina.

Ingin budidaya alpukat dengan mudah dan efisien? Segera gunakan polybag untuk budidayanya. Info update harga produk klik Disini

5. Alpukat Pluwang

Kulit buah alpukat pluang berwarna hijau gelap dan mengkilap. Bentuk buahnya menyerupai kendil yang memanjang. Tekstur daging buahnya lebih padat, lembut dan pulen. Buahnya tidak mudah berulat dan membusuk. Selain itu ukuran buahnya super jumbo, seperti alpukat wina, buahnya bisa mencapai 2kg, lho.

Baik alpukat wina dan pluwang memang sama-sama berdaging tebal. Nah, yang membedakan, jika alpukat wina memiliki rasa yang gurih, alpukat pluwang memiliki rasa gurih dengan sedikit sensasi rasa manis.

6. Alpukat Miki

Meski terlihat sama dengan alpukat yang umumnya memiliki berat sekitar 300-400gram, alpukat miki memiliki kulit yang keras sehingga susah ditembus oleh hama pengganggu. Kulit alpukat miki yang sudah matang berwarna hijau tua mengkilap.

Nah, meski berukuran kecil, alpukat miki tak kalah saing dengan jenis alpukat unggulan lainnya. Daging buahnya tebal, berwarna putih kekuningan, dan bertesktur lembut. Kualitas buah yang prima dan panen yang melimpah mulai usia muda menyebabkan buah ini menjadi populer karena cukup mudah ditemukan di pasaran. Selain itu juga mudah dibudidayakan di rumah juga, lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *