Ketahuilah Manfaat Plastik Ultraviolet agar Sukses Bertanam dan Berternak

Plastik UV protector 6% untuk inovasi prisma garam
January 8, 2020

Ketahuilah Manfaat Plastik Ultraviolet agar Sukses Bertanam dan Berternak

Tahukah anda tentang “Greenhouse”? ataukah anda pernah mengenal jenis plastic ultraviolet? Greenhouse mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga anda, tapi jarang yang tahu tentang plastik ultraviolet?. Plastic ultraviolet merupakan plastic dengan kandungan khusus yang mampu bermanfaat melindungi tanaman dari paparan sinar ultraviolet yang berlebihan sehingga sinar yang diterima oleh tanaman adalah sinar uv yang bermanfaat untuk tumbuh kembang tanaman.

Selain bermanfaat melindungi dari paparan sinar uv yang berlebihan, plastic uv ini juga dapat melindungi tanaman dari iklim dan cuaca yang tidak bersahabat seperti angin kencang atau hujan lebat yang dapat membuat tanaman tumbang atau bahkan mati, sehingga diharapkan tanaman dapat tumbuh subur dan hasil panen sesuai dengan yang diharapakan. Tidak hanya itu, plastik ini juga dapat melindungi tanaman dari hama, bila dibandingkan dengan tanaman yang di tanam di lahan terbuka sehinga meminimalisir penggunaan pestisida.

Karena manfaat plastik ini yang mampu mencegah paparan ultraviolet yang berlebihan untuk tanaman dalam greenhouse, sehingga penggunaannya banyak digunakan sebagai atap “rumah” dan juga sebagian dinding greenhouse untuk melindungi tanaman agar hasil panen yang dihasilkan maksimal. Plastik ultraviolet ini merupakan material yang penting dalam pembuatan greenhouse.Untuk itu, anda harus mengetahui manfaat dan kelebihan menggunakan plastik ultraviolet.

Kami adalah produsen plastik ultraviolet protector di Indonesia,plastic uv yang kami sediakan merupakan plastic dengan bahan HDPE ( High Density Poly ethylene). HDPE ini merupakan bahan yang digunakan dalam pembuatan plastic yang memiliki sifat tahan terhadap suhu tingi dengan ditambah zat aditif UV protector sehingga plastik ini sangat cocok apabila digunakan untuk greenhouse di Indonesia dengan iklim tropis, adapun poduk unggulan kami adalah :

* Plastik Ultraviolet Lokal merk HERCULES
– Lebar : 150/300 cm
– Panjang : 100m
– Ketebalan : 200micron

Untuk plastik UV yang kami produksi menyediakan dua jenis yaitu, prosentase kandungan UV Protektor 6% dan 14%. Maksud dari prosentase plastik UV tersebut adalah kandungan zat aditif anti UV di dalamnya. Semakin besar prosentasenya maka semakin banyak kandungan anti UV dan warna plastik semakin gelap (buram).

Penggunaan Plastik UV 14% merk HERCULES untuk greenhouse tanaman

Manfaat plastik UV dengan prosentase 14% adalah untuk atap greenhouse tanaman, sebab tanaman memerlukan perlindungan lebih dari sinar radiasi yang merusak. Greenhouse merupakan suatu bangunan atau rumah yg di desain sebegitu rupa untuk menaungi tanaman dengan memanfaatkan atap kaca atau plastik transparan agar cahaya matahari dapat masuk dengan baik. Greenhouse umumnya dibangun pada ketinggian 500-1500 Meter dpl, greenhouse juga bisa dibangun pada ketinggian dibawah 500 meter dpl hanya saja membutuhkan perawatan lebih,contohnya dalam penyiraman dan pemberian nutrisi , ini disebabkan intensitas penyinaran & suhu didataran rendah makin sangat banyak di bandingkan dgn dataran tinggi, maka evapotranspirasipun tinggi. Atap dan dinding greenhouse pada umumnya menggunakan plastik UV dengan prosentase 12%-15% namun idealnya menggunakan prosentase 14%. Untuk wilayah Indonesia dengan iklim yang tropis plastik ultraviolet yang digunakan untuk grennhouse tanaman yang cocok adalah kadar prosentase UV protector 14%, sehingga sinar matahari yang masuk terkontrol tidak kekurangan maupun berlebih. Jadi plastik ultraviolet yang kami produksi sangan sesuai digunakan di Indonesia.

Greenhouse bisa diaplikasikan untuk pertanian dan perikanan, contohnya untuk :
– Pembibitan tanaman
– Produksi sayuran dan buah-buahan
– Tanaman hias dan berbagai bunga
– Atap kandang ternak
– Untuk alas kolam ikan.

Penggunaan Plastik UV 6% merk HERCULES untuk Pengeringan (Penjemuran)

Kemudian plastik UV dengan prosentase 6% dapat anda gunakan untuk pengeringan atau bisa disebut dengan solar drom dryer. Solar drom dryer atau juga bisa disebut dengan kubah pengering merupakan teknologi sederhana yang membantu memaksimalkan pengeringan. Pengeringan merupakan metode pengawetan dengan menghilangkan kadar air sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Metode pengeringan ini sangatlah berguna agar bahan pangan bisa digunakan dalam waktu lama.

Teknologi ini sangatlah berguna dalam bidang pertanian, dengan menggunakan solar dryer drom ini petani dapat mengawetkan hasil panenya seperti cabe,bawangkopi, cengkeh, pisang, jagung, koprah, kopi, rumput laut ataupun bahan pangan lainya. Teknik pengeringan konvesional cenderung tidak efektif karena dipengaruhi oleh cuaca, apalagi saat ini cuaca sulit ditebak. Selain itu pengeringan konvesional kurang hiegienis sebab pengeringan dilakukan dalam ruangan terbuka yang kemungkinan ada benda asing/ bakteri yang masuk.

Namun, dengan menggunkan teknologi solar dryer dome ini petani bisa melakukan pengeringan tanpa harus dipengaruhi cuaca dan kubah inipun bisa dibuat untuk tempat penyimpanan hasil panen. Pengeringan dengan teknologi ini tidak merusak berbeda dibandingkan dengan pengeringan dibawah sinar matahari terbuka yang dapat menyebabkan kerusakan karena angin,hujan tiba-tiba, lalat / hewan liar dll.

Solar drom dryer ini bisa anda buat menggunakan plastik UV untuk alasnya maupun atap. Anda bisa gunakan solar drom dryer ini untuk pengeringan hasil panen seperti : rempah-rempah, daun tembakau, rumput laut, kacang tanah, tepung tapioka, kacang kedelai, kopi dll. Anda juga bisa gunakan untuk pengeringan kerupuk,batubata,genting dll. Banyak sekali manfaat plastik UV ini untuk perkebunan/industri.

Selain pengeringan hasil pangan diatas, inovasi terbaru yang sedang trend sekarang adalah prisma garam, yaitu penegeringan air laut untuk membuat garam menggunakan greenhouse yang berbentuk prisma, atau juga bisa berbentuk tunnel. Dengan menggunakan plastik ultraviolet ini garam yang dihasilkan memiliki kadar NHcl yang tinggi, pengeringan 2x lebih cepat daripada pengeringan konvesional dan warna garam putih bersih. Sangatlah banyak sekali manfaat plastik ultraviolet ini. Jika anda membutuhkan plastik ultraviolet untuk greenhouse tanaman, untuk pengeringan ( tunnel dryer), untuk pembuatan garam (prisma garam ), atau untuk kolam ikan anda bisa hubungi kami Call/SMS/WA 085233925564 – 087702821277 – 081232584950.

Penggunaan Plastik UV 6% merk HERCULES  untuk atap Kandang Ternak

Plastik Ultraviolet dengan kandungan prosentase 6% ini juga bisa digunakan untuk atap kandang kambing etawa atau kandang ayam, dengan menggunakan atap plastik uv ini suhu kandang menjadi stabil,suhu dalam kandang akan selalu hangat sehingga tidak terpengaruh dengan suhu extrim diluar ruangan yang akan mengganggu kesehatan ternak anda.

Kandang merupakan aspek yang sangat penting dalam peternakan kambing, karena kandang merupakan tempat hidup bagi hewan ternak kita. Dengan membangun rumah yang nyaman untuk hewan ternak kita maka prosentase keberhasilan dalam peternakan semakin besar. Namun bagaimanakah membangun kandang yang nyaman , aman dan tentunya ekonomis?.

Dalam hal pembangunan kandang kambing Etawa sama juga seperti bagaimana membangun rumah untuk kita yang dalam pembuatannya memerlukan keahlian dan ketrampilan khusus. Pembuatan kandang kambing dapat dibangun oleh tukang atau ahlinya sehingga dapat dikonsultasikan kebutuhan dan budget untuk membangun kandang. Yang tidak kalah penting dalam pembangunan kandang adalah atap kandang yang menentukan suhu udara didalamnya. Kandang yang panas akan membuat kambing cepat stress dan kandang yang terlalu dingin akan membuat kambing cepat kembung. Pemilihan material kandang terutama atap sangatlah penting, kami sarankan untuk memakai plastik dibanding dengan asbes. Atau anda bisa gunakan plastik ultraviolet yang dapat memproteksi radiasi matahari sehingga kandang masih terasa hangat dan suhu udaranya relatif stabil, sedangkan memakai asbes kandang kambing akan mudah panas apalagi pada musim kemarau. Plastik ultraviolet merk HERCULES ini sangat cocok digunakan dengan kadar prosentase UV protector 6%, sehingga kebutuhan suhu didalam ruangan terpenuhi dan stabil. Plastik ultraviolet ini memiliki harga yang ekonomis dibanding dengan asbes, dengan harga ekonomis anda bisa mendapatkan berbagai manfaat plastik ultraviolet.

Selain untuk kandang peternakan plastik ultraviolet juga bisa digunakan dalam bidang perikanan yaitu bisa dijadikan sebagai alas tambak/kolam.

Kami memproduksi plastik ultraviolet ini sesuai dengan kebutuhan pasar di Indonesia, dengan harga ekonomis dan daya tahan tahunan. Kami juga menyesuaikanya dengan iklim di Indonesia yang tropis, sehingga kami memproduksi plastik ultraviolet dua jenis yaitu : UV protector 6% dan 14%. Jika anda membutuhkan plastik ultraviolet untuk greenhouse tanaman, untuk pengeringan ( tunnel dryer), untuk pembuatan garam (prisma garam ), atau untuk kolam ikan anda bisa hubungi kami Call/SMS/WA 085233925564 – 087702821277 – 081232584950.

Info lebih lanjut silahkan hubungi admin kami :
CS 08123.258.4950 / 0877.0282.1277 / 0852.3392.5564 (WA/SMS/Tlp)
Phone: 031-8830487
Minggu & hari besar tutup

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *