Limbah Kelapa Sawit Sebagai Alternatif Bahan Bakar Bioenergi

Tips Membuat Kandang Kambing Etawa dengan Plastik UV 6%
March 7, 2017
Jual Paranet Peneduh Lapangan Tenis
March 22, 2017

Limbah merupakan seuatu yang diperoleh dari proses produksi yang sudah tidak bisa diolah lagi. Banyak sekali limbah yang dihasilkan dari sebuah proses yang dilakukan manusia,dan seringkali kita kewalahan dalam mengatasi limbah.Tidak dapat dipungkiri bahwa limbah semakin hari semakin menumpuk dan tak kunjung menemukan solusi untuk mengatasinya. Disebabkan karena limbah sudah tidak memiliki nilai fungsi dan nilai jual lagi. Meski begitu inovasi-inovasi terus bermunculan dalam mengatasi persoalan tentang limbah ini. Salah satunya adalah solusi untuk mengatasi limbah kayu sawit.

Seperti yang disampaikan oleh Dwi Sudharto Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), beliau berharap agar limbah kayu sawit ini dapat menggeser penggunaan pupuk kimia.

Jual Polybag Pembibitan

“Berhektar-hektar kayu (sawit) biasanya dicacah, dibuang dan jadi hama. Padahal kulit kayu bisa dibuat pupuk kompos dan menggeser pupuk kimia,” kata Dwi dalam konferensi pers yang membahas ‘Bio Energi dan Pemanfaatannya di Indonesia’, di Jakarta, Jumat (10/3/2017).

Dengan majunya IPTEK dan munculnya berbagai inovasi mampu menjadikan limbah khususnya limbah pertanian menjadi barang yang bermanfaat bahkan memungkinkan untuk dijadikan sumber potensial bioenergi berbasis biomass dan bahan bakar nabati. Limbah-limbah kayu diprediksi dapat menjadi alternatif menggantikan bahan bakar fosil.

“Badan Litbang dan Inovasi (BLI) siap melakukan transfer IPTEK dan pendampingan, serta pengembangan dengan mitra untuk secara bersama-sama bersinergi mengembangkan potensi sumberdaya hutan untuk pengembangan bioenergi,” tukas Dwi.

Para ahli sudah bekerjasama dalam mengatasi hal ini, dan diharapkan dengan adanya inovasi-inovasi seperti dapat memajukan Indonesia.

# Mengenai harga plastik polybag pembibitan terupdate silahkan klik DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *