Khasiat 7 Jenis Buah Bagi Kesehatan Beserta Fakta Menarik Didalamnya!

6 Jenis Tanaman yang Cocok Untuk Tabulampot, Sudah Coba!
August 27, 2022
Tak Hanya Ungu! Ini 8 Jenis Terong yang Wajib Kamu Tau
September 16, 2022

Khasiat 7 Jenis Buah Bagi Kesehatan Beserta Fakta Menarik Didalamnya!

Bukan hanya sumber makanan favorit semua orang, buah juga merupakan hadiah dari alam, bergizi, serta mempunyai berbagai jenis, bentuk dan rasa. Terdapat kandungan vitamin, mineral, dan serat makanan yang menjadikannya obat alami dan berguna bagi tubuh kita.

Warna pada buah-buahan juga memiliki fungsi tersendiri untuk kesehatan tubuh. Contohnya seperti buah berwarna merah bagus untuk kesehatan jantung, buah berwarna oranye dapat menjaga kesehatan mata, kemudian buah berwarna kuning mampu menjaga imun tubuh, serta buah berwarna hijau memperkuat tulang dan gigi.

Selain penting untuk kesehatan dan memelihara tubuh, namun ada banyak manfaat lain saat mengkonsumsi buah seperti membuat kulit tampak bercahaya dan awet muda karena buah-buahan kaya akan anti-oksidan. Nah, berikut ini beberapa fakta menarik dari buah-buahan, salah satunya mungkin favorit kamu.

Baca Juga:

1. Persik


Pohon persik di budaya China dianggap sebagai pohon kehidupan dan buah persik merupakan simbol keabadian dan kesatuan. Buah persik tumbuh di dataran China sejak tahun 1.000 sebelum masehi dan menyebar ke Barat melalui jalur sutra hingga sampai di Persia. Setelah itu, buah persik ditemukan oleh Aleksander Agung dan jadi salah satu buah favoritnya.

Di dalam buah persik terdapat kandungan sumber vitamin A, B, dan C yang baik. Buah persik ukuran sedang hanya mengandung 37 kalori. Bila diolah menjadi jus, buah persik merupakan zat pelembab yang luar biasa dan dapat ditemukan di banyak produk kosmetik. Akan tetapi, biji persik mengandung asam hidrosianat, yang merupakan zat beracun. Sebagian besar orang bahkan mempunyai reaksi alergi terhadap kulitnya yang berbulu halus.

2. Mangga


Buah mangga merupakan buah nasional Pakistan, India dan Filipina, serta pohon mangga juga merupakan pohon nasional Bangladesh. Sekitar 43 juta ton lebih mangga diproduksi secara global dan hampir semuanya merupakan mangga varietas Tommy Atkins, yang tumbuh cepat, mempunyai ukuran dan warna yang bagus, tahan terhadap berbagai jenis jamur, dan tidak mudah rusak.

Dengan karakteristik tersebut membuatnya ideal untuk diekspor ke seluruh dunia. Akan tetapi, mangga varietas ini berserabut dan relatif hambar. Mengkonsumsi buah mangga sangat baik untuk tubuh, satu cangkir mangga mengandung sekitar 60 mg vitamin C, sedangkan orang dewasa berusia 19-64 tahun memerlukan 40 mg vitamin C sehari.

Di dalam buah mangga terdapat lebih dari dua puluh kandungan vitamin dan mineral yang berbeda, kaya akan vitamin A, potasium, folat dan juga terdapat serat yang padat.

3. Sirsak

Tak hanya dikenal sebagai sirsak, buah ini punya banyak nama lain di samping nama ilmiahnya, Annona Muricata. Asal buah sirsak ini dari Karibia dan Amerika tengah, namun sekarang banyak dibudidayakan di negara beriklim tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Bagian daging buahnya terdiri dari pulp putih yang terasa manis dan banyak dipakai untuk membuat nektar buah, smoothie, minuman jus buah, permen, perasa es krim, dan lain-lain.

Hampir semua bagian dari tanaman sirsak bisa digunakan sebagai obat termasuk daun, buah dan batangnya. Ada berbagai sumber yang juga menjelaskan sirsak untuk penyembuhan kanker, namun masih diperlukan penelitian ilmiah untuk membuktikannya.

 

4. Stroberi


Buah ini merupakan satu-satunya jenis buah yang bijinya berada di bagian luar, dan umumnya setiap stroberi mempunyai 200 biji. Dengan demikian, stroberi tak dianggap sebagai kategori beri seperti blueberry atau anggur, sebab secara teknis, biji buah beri berada di dalam. Ahli botani menganggap setiap biji pada stroberi sebagai buahnya sendiri yang terpisah.

Buah stroberi dipercaya bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker tertentu. Stoberi ini rendah kalori dan tinggi vitamin C, B6, K, serat, asam folat, kalium dan asam amino. Serta mengandung nitrat tingkat tinggi yang sudah terbukti meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otot.

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi stroberi sebelum berolahraga mempunyai daya tahan yang lebih tinggi dan membakar lebih banyak kalori.

5. Pisang


Terdapat lebih dari 1.000 jenis pisang di seluruh dunia, yang dibagi dalam 50 kelompok. Salah satunya pisang Cavendish meruapakan pisang manis yang paling umum dikonsumsi dan paling banyak diekspor di seluruh dunia.

Buah pisang merupakan sumber serat, potasium, vitamin B6, vitamin C, dan berbagai antioksidan dan fitonutrien yang sehat. Kandungan minyak di dalam kulit pisang ternyata bisa membantu meredakan peradangan dan gatal-gatal akibat gigitan serangga.

Mau budidaya buah hasilnya maksimal? Coba budidayakan dalam greenhouse dengan plastik uv. Info harga produk klik Disini

6. Bluberi


Buah yang satu-satunya memiliki warna biru alami, pigmen yang memberi bluberi warna khasnya disebut anthocyanin adalah senyawa yang sama dan memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa. Buah bluberi menempati peringkat nomor satu dalam manfaat kesehatan antioksidan dibandingkan dengan lebih dari 40 buah dan sayuran segar.

Mengkonsumsi bluberi sudah dikaitkan dengan manfaat kesehatan termasuk penurunan risiko kanker, peningkatan respons insulin, pembalikan kehilangan memori terkait usia, dan menurunkan tekanan darah. Untuk satu genggam besar bluberi hanya mengandung 44 kalori tetapi mempunyai 2 gram serat makanan dan 10% dari kandungan vitamin C yang direkomendasikan setiap hari.

7. Leci


Buah leci di China dianggap sebagai simbol cinta dan asmara. Hal ini berawal dari Kaisar Tang Minghuang dari Dinasti Tang jatuh cinta pada Yang Guifei, salah satu wanita tercantik dalam sejarah China.

Yang sangat suka dengan buah leci. Pada saat itu buah ini belum ada di ibu kota tempat tinggal mereka. Dengan begitu, Kaisar pun mengirim anak buahnya ke China Selatan untuk membawakan buah itu kepada nyonyanya yang tercinta. Karena itulah, buah leci menjadi simbol cinta kaisar untuk Yang.

Buah ini dalam pengobatan China terkadang digunakan untuk mengobati sakit perut, batuk, neuralgia, dan pembengkakan kelenjar. Kulit buah yang dijadikan teh bisa meringankan diare serta mampu menyembuhkan ruam kulit.

Karna kaya akan kandungan vitamin C, mengkonsumsi leci secara teratur membantu memastikan suplai darah yang cukup ke folikel rambut, meningkatkan kekuatan rambut dan mencegah kerusakan dan ujung bercabang.

1 Comment

  1. […] Khasiat 7 Jenis Buah Bagi Kesehatan Beserta Fakta Menarik Didalamnya! […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *