Mengenal APD (Alat Pelindung Diri) Untuk Keselamatan Kerja

Jangan Salah Pilih,Yuk Kenali Macam-macam Jenis Plastik UV
May 5, 2018
Serba Serbi Media Tanam Dalam Polybag
May 16, 2018

Didalam kegiatan sehari-hari dalam beraktivitas, kita sering tidak mengira akan memperoleh kemungkinan kecelakaan pada diri kita sendiri. Sangat banyak orang-orang yang belum mengerti akan hal semacam ini, termasuk di Indonesia. Baik di lingkungan kerja (perusahaan, pabrik, atau kantor), di jalan raya, di beberapa tempat umum ataupun di lingkungan tempat tinggal.

Orang-orang sering meremehkan beberapa aspek tertentu karena mereka belum memperoleh kecelakaan tersebut. Hingga diperlukan cara untuk menghindar agar tidak terjadi kecelakaan yg tidak dikehendaki. Selain pemberian peringatan diri dan pengertian pada orang-orang, pasti diperlukan alat penunjang untuk kurangi kemungkinan terjadi kecelakaan. Disinilah Alat pelindung diri (APD) diperlukan. APD yaitu salah satu usaha yang bisa menghindar kecelakaan untuk memberi perlindungan pada orang-orang. Kata Kunci : Alat Pelindung Diri (APD)

Dalam setiap kegiatan diproyek pastinya kita akan dihadapkan dengan berbagai macam kemungkinan dan bahaya yg tidak seseorangpun tahu kapan dan di mana bahaya, nyaris peristiwa, accident (kecelakaan) itu akan hampiri kita. pastinya tidak seseorangpun inginkan hal semacam itu, . karenanya kita diharuskan mempergunakan APD (Alat Pelindung Diri) dengan baik. selama kita beraktivitas di proyek sejak dari ktivitas pekerjaan itu diawali sampai selesai agar terwujud keadaan yang aman dari peluang kecelakaan. karena keadaan yang aman dan nyaman akan membuat lancar kemampuan perusahaan dan produktivitas kerja. tetapi sayangnya sedikit yang tahu dan tahu dengan benar apa APD itu. juga manfaat dan manfaatnya.

Berikut kami jabarkan contoh beragam jenis Alat Pelindung Diri (APD) :

1. Helm (safety helmet) berperan sebagai pelindung kepala dari benda jatuh yang dapat tentang kepala baik dengan cara segera ataupun tidak segera.

2. Kaca mata pengaman (safety goggle) Berperan sebagai pelindung mata ketika kita bekerja. alat ini membuat perlindungan mata dari partikel-partikel kecil, debu, radiasi, atau cahaya yang menyilaukan. contoh pekerjaan pengelasan.

3. Perisai muka (face shield) Berperan membuat perlindungan mata atau muka. Dari percikan bahan kimia dapat dipasang pada helm atau dapat juga dipegang dengan tangan. biasanya dipakai untuk pekerjaan penggerindaan/kimia.

4. Sabuk keslamatan (safety belt) berupa seperti sabuk (ikat pinggang) yang berperan membuat perlindungan kita dari bahaya jatuh jika bekerja diketinggian kian lebih 2 meter

5. Masker (respirator) penutup hidung yang berperan sebagai penyaring hawa yang dihirup saat bekerja di tempat dengan kwalitas hawa yang jelek. (berdebu, beracun)

6. Pelindung dan penutup telinga (ear plug, ear muff) berperan sebagai pelindung telinga ketika bekerja di tempat yang bising. karena dapat menguragi intensitas nada yang masuk dalam telinga.

7. Sarung tangan (kain, kulit, karet) berperan membuat perlindungan tangan dari benda-benda tajam, goresan, beberapa bahan kimia, benda panas/dingin, maupun kontak arus listrik. dasarnya membuat perlindungan tangan dari cidera.

8. Sepatu safety terbaru keslamatan (safety shoes) manfaatnya sama juga dengan (rubber boots) hanya saja terbuat berbahan kulit dilapis metal. dengan sol dari karet tebal dan kuat. biasanya diujung kaki diperlengkapi dengan baja dan anti hantaran listrik.

A. PENGERTIAN

Dengan cara simpel yang disebut dengan APD yaitu :
“Seperangkat alat yang dipakai tenaga kerja membuat perlindungan beberapa atau semua badannya dari potensi bahaya atau kecelakaan kerja. ”
Memang APD tidaklah prima dapat membuat perlindungan badan kita, walau demikian minimum dapat kurangi tingkat kecelakaan yang mungkin terjadi.

B. TUJUAN

1. Membuat perlindungan tenaga kerja jika usaha rekayasa (engineering) dan administratif tidak bisa dilakukan dengan baik.

2. Tingkatkan efektivitas dan produktivitas kerja

3. Membuat lingkungan kerja yang aman

Manfaat

1. membuat perlindungan semua/beberapa badannya pada peluang ada potensi bahaya/kecelakaan kerja.
2. Kurangi kemungkinan akibat kecelakaan

​C. KEKURANGAN DAN KELEBIHAN APD

Kekurangan :

1. Kekuatan perlindungan yang tidak prima karena memakai APD yang kurang tepat
2. Manfaat dari ADP ini hanya untuk menguragi akibatnya karena keadaan yang punya potensi menyebabkan bahaya.
3. Tidak menanggung penggunanya bebas kecelakaan
4. APD yang memiliki saat kerja tertentu seperti kanister, filter dan penyerap (cartridge).
5. APD dapat menularkan penyakit, apabila digunakan bertukar-ganti.

Keunggulan :
1. Kurangi kemungkinan akibat kecelakan
2. Membuat perlindungan semua/beberapa badannya pada kecelakaan
3. Sebagai usaha paling akhir jika system ingindalian tehnik dan administrasi tidak berperan dengan baik.
4. Memberi perlindungan untuk tenaga kerja ditempat kerja.

D. CARA MERAWAT APD

1. menempatkan APD pada tempatnya setelah usai dipakai,
2. Melakukan pembersihan dengan cara berkala,
3. Mengecek APD sebelumnya digunakan untuk tahu ada rusaknya atau tidak layak gunakan,
4. Meyakinkan APD yang dipakai aman untuk keselamatan bila tidak cocok maka perlu ditukar dengan yang baru.
5. Dijaga kondisinya dengan kontrol teratur yang menyangkut cara penyimpanan, kebersihan dan keadaannya

E. KESIMPULAN

1. APD adalah alat yang dipakai untuk kurangi kemungkinan akibat kecelakaan, bukanlah menyingkirkan kecelakaan tersebut.
2. APD diperlukan oleh semua susunan orang-orang.
3. APD harus selalu dirawat agar dapat dipakai sesuai sama ketetapan.

Bagi anda yang membutuhkan jaring safety material (polynet) ataupun jaring safety human, anda bisa Call/SMS/WA 085233925564 – 087702821277 – 081232584950. Spek polynet yang kami jual uk.1,3m x 100m warna biru atau untuk info selengkapnya bisa klik DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *