Mengetahui Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Kopi

Jual Paranet dan Jaring PE untuk Lapangan Futsal
March 13, 2018
Manfaat Dan Keuntungan Menggunakan Plastik Mulsa Hitam Perak
March 20, 2018

Kopi sangat rawan terhadap segala macam hama serta penyakit. Apalagi bila kita kurang dalam melakukan perawatan dan ilmu pengendalian yang kita punyai terbatas,jadinya tanaman kopi akan rusak yang tentunya mampu menurunkan produktifitas dari pada kopi tersebut.

Selain Hama & penyakit yang bisa membunuh tumbuhan kopi, masih banyak penyakit lain yang dapat juga diakibatkan oleh virus dan bakteri pada buah,daun batang serta perakaran tanaman kopi.

Spesies hama yang paling di benci oleh para petani adalah hama yang kerap menyerbu kopi,yang bisa mengakibatkan kebusukan,bunga rontok dan buah muda yang gugur. Apabila hal ini tidak segera kita tangani dengan cepat,maka telah dapat di pastikan, apabila hasil panen yang akan kita proleh juga menurun secara drastis.

Berikut ini beberapa jenis penyakit serta hama yang kera menyerang pada tanaman kopi serta cara mengatasi secara cepat,akurat tepat salah satunya adalah.

Hama Bubuk Buah Pada Tanaman Kopi

Spesies hama ini biasanya diakibatkan oleh sebuah kumbang mungil yang hanya khusus menyerbu buah kopi baik yang masih muda ataupun buah kopi yang sudah dewasa. Cara untuk mengatasi hal ini juga menimpa tumbuhan kopi anda di rumah dengan cara mengumpulkan buah atau memotong batang buah yang banyak terserang untuk segara kita musnahkan.

Selain itu buat menumpas macam penyakit bubuk buah ini, para petani bisa memakai macam pestisida berupa dimecron 50 cw.tamaron, argothion dosis serta cara pemakaian akan lebih baik di baca dalam isi wadah kemasan. Biasanya setelah di lakukan penyemprotan menggunakan pestisida tersebut, hama bubuk buah yang diakibatkan oleh kumbang akan mati dan tidak mau kembali lagi.

Hama Bubuk Cabang batang Kopi

Spesies hama penyakit ini khusus menyerbu bagian batang tumbuhan kopi biasanya akan menyerbu pada bagian ranting kecil yang baru mempunyai diameter 3 cm serta bagian pucuk tumbuhan kopi muda.

Apabila ini sudah menyerang, maka tanda serta akibat yang akan menimpa kopi, daun menjadi rontok, daun kuning, batang kering kusus ada pucuk. Buat menguasai hal ini, anda di rumah bisa melakukan dengan cara di atas yaitu dengan menyemprotkan larutan pestisida secara rutin hingga hama benar-benar hilang total.

Penyakit kerat Daun tanaman Kopi

Selain hama penyakit biasanya diakibatkan oleh adanya cendawan yang dapat kita lihat dengan adanya bercak merah dan bintik-bintik pada bagian daun kopi tersebut. Selain itu,ciri lain yang bisa kita lihat adanya daun yang menguning di bagian bawah permukaan daun, noda kuning dan daun berjatuhan.

Seharusnya tanda bila penyakit ini sudah menyerbu tumbuhan kopi sangat banyak, di antara ciri lain, bagian cabang muda kopi kering, khusus pada bagian buah kopi berubah menjadi hitam, kering serta kopi terlihat lebih pucat dengan demikian tentunya akan menurunkan nilai jual yang bisa menurun drastis.

Cara mengatasi penyakit kerat daun pada tumbuhan kopi anda di rumah bisa memakaikan pestisida dengan merek Fungisidaditane dengan ukuran pemakaian dua gram untuk 2 liter air atau bisa juga membaca petunjuk pemakaian dalam wadahnya.

Hama Kutu Dompolan putih dan hijau

Hama ini juga akan membikin tumbuhan kopi menjadi kurang bermutu ciri yang bisa kita lihat dengan ciri menyerang bagian buah yang kayak terlilit bubuk putih biasanya hama ini akan timbul akibat pohon naungan yang terlalu gelap.

Pangkas sebagian ranting pohon disekeliling tumbuhan kopi agar udara dan sinar matahari lebih bisa masih menyinari kopi.Cara lain untuk mengatasi menggunakan jenis hama ini adalah dengan menggunakan pestisida dengan merek Poxindo 50 wp silahkan di baca petunjuk cara pemakaiannya.

Khusus untuk hamanya macam Kutu hijauan, cara mengatasi dengan mengasihkan sebuah pupuk yang lebih teratur, seimbang atau bisa juga memakai zat kimia berupa tepung sevidol dengan cara menyemprotkan.
Semoga bermanfaat.

JUAL PLASTIK UV UNTUK PENGERINGAN KOPI!! Lim Corporation menyediakan plastik ultraviolet lokal dengan prosentase UV 6% yang sangat cocok untuk pengeringan didaerah tropis dengan harga sangat murah info harga terupdate klik DISINI. Call/SMS/WA 085233925564 – 087702821277 – 081232584950.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *