Menjaga Kualitas dengan Menggunakan Karung Gabah

Pembibitan dengan Polybag, Pilihan Tepat Mendapatkan Varietas Unggul
July 31, 2016
Jenis Karung Beras
Macam-Macam Karung yang Sesuai untuk Berbagai Jenis Barang
July 31, 2016

Menjaga Kualitas dengan Menggunakan Karung Gabah

Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki lahan pertanian cukup luas. Negara yang memliki dua musim ini memungkinkan banyak jenis tanaman yang mampu tumbuh dengan subur. Salah satu tanaman yang cocok ditanam di Indonesia adalaha tanaman padi. Hampir di seluruh wilayah di Indoensia pasti memilik areal persawahan. Hal ini tidak mengherankan kaena salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia adalah beras. Bahkan tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang beranggapan belum makan jika belum makan dengan nasi.
Luasnya wilayah pertanian tentunya dapat berdampak dengan banyaknya stok gabah yang ada di Indonesia. Sehingga tidak mengherankan jika banyak dari petani sampai dengan pemerintah yang memiliki gudang khusus penyimapangan gabah. Penyimpanan gabah juga dimaksudkan sebagai sarana persediaan apabila sudah memasuki masa paceklik. Sehingga wilayah tersebut tidak terdampak bencana kelaparan.

Menyimpan gabah itu gampang-gampang susah. Kesalahan kita dalam menentukan timing mulai penyimpanan gabah akan berdampak pada rusaknya gabah. Jika disimpan di tempat lembab besar kemungkinan gabah akan menghitam karena diserang jamur. Akan tetapi terlalu kering akan berdampak dengan patah-patanhya berasa saat penggilingan. Agar gabah yang anda simpan tetap menghasilkan beras dengan kualitas baik, kami akan memberikan beberapa tips dalam penyimpanan gabah.

1.Pastikan kadar air gabah tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Pastikan gabah memiliki kadar air sebesar dua belas sampai dengan empat belas persen. Seperti yang sduah dijelaskan di atas, gabah yang terlalu basah dapat berdampak dengan rusaknya gabah, sedangkan terlalu kering dapat merusak hasil olahan dari gabah (banyak beras patah/menir).

2.Siapkan tempat penyimpanan. Tempat yang akan digunakan untuk menyimpan gabah perlu dipastikan kebersihannya. Ha ini untuk menghindari adanya tikur yang berkeliaran. Anda juga perlu memeriksa atap tempat menyimpan, jangan sampai jika musim hujan tiba gabah yang Anda simpan menjadi basah karena tetesan air hujan. Pastikan bahwa tempat tersebut benar-benar steril dari hama pengganggu dan tidak bocor saat hujan.

3.Gabah dimasukkan dalam karung gabah. Sebelum disimpan partikan bahwa karung gabah dalam kondisi bersih. Hal ini untuk menjaga agar tidaka ada hama atau kutu yang berasak dari dalam akarung gabah. Beberapa yang harus Anda perhatikan dalam memilih karung gabah antara lain: pastikan karung mampu melindungi seluruh gabah yang dimasukkan, karung gabah yang dipilih merupakan karung yang kuat dan tahan lama, jangan sampai karung gabah yang Anda gunakan mengakibatkan kerusakan terhadap gabah Anda karena faktor kebersihan.

4.Karung gabah tidak langsung bersentuhan dengan lantai penyimpanan. Hal ini dimaksudkan untuk menajaga kelembaban dari gabah. Karung gabah yang langsung diletakkan di atas lantai besar kemungkinan akan memiliki kadar kelembaban yang tinggi

5.Melakukan pengecekan setiap dua minggu sekali untuk memastikan bahwa gabah tidak menjadi panas, tumuh jamur, dan kemasukan kutu. Dan jika gabah sudah terlalu lama disimpan ada baiknya jika Anda segera mengilingnya menjadi beras. Karena semakin lama gabah disimpan makan kualias dari beras yang dihasilkan tidak akan semakin baik.

Kami menganjurkan Anda menggunakan karung gabah sebagai media penyimpanan gabah karena lubang yang dimiliki karung dapat membantu sirkulasi udara dari gabah yang disimpan. Selain itu karung gabah merupakan salah satu cara praktis untuk membedakan jenis tanaman padi. Kemudahan dalam memberikan label pada gabah akan membuat kita mudah memberikan tanda dan memisahkan gabah sesuai dengan jenis dan kualitasnya.

Meskipun demikian, karung gabah tidak tahan dengan air dan tetap rentang dengan hama tikus. Akan tetapi, hal tersebut dapat diminimalisir dengan pemilihan tempat yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *