Mudahnya Penggunaan Plastik Sungkup untuk Budidaya Tanaman

Mudahnya Membuat Kopra Putih yang Berharga Jual Tinggi
October 31, 2019
7 Alasan Kenapa Kamu Harus Mempelajari Pertanian
December 28, 2019

Para pembaca sekalian, mungkin diantara anda masih ada yang belum pernah mendengar atau terasa asing dengan benda yang satu ini. Plastik sungkup merupakan benda atau alat yang erat hubungannnya dengan pertanian. Dewasa ini, khususnya di negara Indonesia, sudah banyak mulai dilakukan kegiatan bercocok tanam dengan media green house. Dengan teknik green house, yang menjadi fokus utama yang harus dipersiapkan yaitu luas lahan yang lumayan lebar dan kebutuhan plastik dalam rangka menanam juga dibutuhkan dalam jumlah besar. Di Indonesia sendiri, teknik atau cara bercocok tanam dan berbudidaya dengan menggunakan plastik yang dinamakan plastik sungkup ini memang masih terkesan jarang ditemukan. Padahal dengan menggunakan teknik plastik sungkup ini, area yang diperlukan tidak terlalu sempit jika dibandingkan dengan menggunakan teknik green house.

Budidaya dengan menggunakan teknik plastik sungkup ini bisa dilakukan di lahan bedengan saja, sehingga bisa menghemat penggunaan plastik secara umum. Dengan menggunakan jenis plastik tersebut, biasanya dibutuhkan plastik yang memiliki ketebalan mencapai 0,2 micron. Berbeda halnya dengan teknik memakai plastik sungkup, yang hanya membutuhkan ketebalan sekitar 0,06 micron. Plastik sungkup ini biasanya di dunia pertanian lebih dikenal dengan terowongan. Namun di negara kita sendiri sejauh ini masih menggunakan plastik sungkup hanya untuk pembibitan atau awal penanaman tanaman. Yaitu hanya pada masa pembenihan dan pengembiakan bibit tanaman misalnya.

Jika kita melihat lebih jauh di beberapa negara justru sudah mengaplikasikan atau menggunakan plastik sungkup untuk kegiatan pertanian yang lebih luas seperti contohnya di negara Mesir yang sudah menggunakan plastik sungkup untuk keperluan pembibitan, pembenihan, bahkan sampai pada pertanian untuk tanaman yang umurnya pendek yaitu dalam artian hanya memerlukan masa pertumbuhan sampai pemanenan yang cukup singkat seperti contohnya tanaman tomat, jenis-jenis sayuran, mentimun, dan beberapa jenis tanaman umur pendek lainnya.

Yang perlu diperhatikan terutama untuk petani atau anda sebagai pemula dalam menggunakan plastik sungkup untuk keperluan pertanian yaitu perbedaan antara plastik sungkup dengan jenis plastik cor. Perbedaannya ini diantaranya yaitu jika plastik sungkup lebih memiliki permukaan yang bening daripada plastik cor yang pada umumnya lebih berwarna kecoklatan sehingga tampak lebih buram. Perbedaan yang kedua yaitu bahan pembuatan dari kedua jenis plastik tersebut berbeda. Jika pada plastik cor bahan pembuatannya terdiri dari bahan campuran. Tetapi berbeda dengan plastik sungkup yang berbahan dasar dari biji plastik original atau murni.

Dengan perkenalan dan penjelasan dasar mengenai eksistensi dan kegunaan dasar mengenai plastik sungkup, kini kita akan melangkah pada pembahasan selanjutnya mengenai beberapa manfaat dan kegunaan dari menggunakan plastik sungkup yaitu diantaranya :

Menurunkan suhu
Dengan menggunakan plastik sungkup untuk kegiatan pertanian anda, maka benefit yang bisa didapatkan seperti plastik sungkup mampu menurunkan suhu udara di sekitar serta mampu meningkatkan tingkat kelembapan udara yang ada di lahan yang menggunakan plastik sungkup.

Mampu Meningkatkan keoptimalan Pertumbuhan Tanaman
Menurut beberapa ahli yang telah mencoba melakukan penelitian, disebutkan bahwa dengan menggunakan plastik sungkup, akan membantu meningkatkan keoptimalan dari pertumbuhan tanaman karena plastik sungkup dapat menjaga kadar lengas tanah, sehingga pada akhirnya cadangan air untuk tanaman lebih maksimal.

Mengurangi Mama
Bagi anda yang mencoba menggunakan plastik sungkup untuk kegiatan penanaman dan pertumbuhan tanaman, maka menggunakan plastik sungkup ini mampu mengurangi resiko terjangkitnya atau terserangnya tumbuhan oleh hewan atau serangga yang biasa mengganggu tanaman. Hal ini dikarenakan tanaman terlindungi oleh plastik sungkup tersebut, sehingga mampu menghalangi serangga atau hama.

Cara memasang plastik sungkup pun juga bisa dibilang mudah. Hal ini dikarenakan bisa menggunakan bingkai berupa kayu , kawat, atau sejenisnya yang mampu menjaga kelembapan di dalam bedeng.

Kami menyediakan plastik sungkup untuk pembibitan pada bedengan tanah dengan ukuran sesuai permintaan minimal 300kg. Manfaat plastik sungkup bagi tanaman diantaranya menghindari tanaman dari air hujan langsung, dapat menurunkan suhu dan meningkatkan kelembaban udara di sekitar tanaman, mempertahankan kelenggasan tanah sehingga ketersediaan air lebih maksimal, serta menghalangi hama serangga tanaman.

Info lebih lanjut silahkan hubungi admin kami
CS 08123.258.4950 / 0877.0282.1277 / 0852.3392.5564 (WA/SMS/Tlp)
Phone: 031-8830487.
Minggu & hari besar tutup.

Chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:
klikwa.com/adminlc1
klikwa.com/adminlc2
klikwa.com/adminlc3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *