Pemasangan Sambungan Pipa HDPE yang Baik dan Benar

Jenis dan Ukuran Pipa PE yang Populer Digunakan
August 6, 2019
Pipa Murah tapi Tidak Murahan, Solusinya?
August 10, 2019

Pemasangan Sambungan Pipa HDPE yang Baik dan Benar

Dalam mewujudkan jaringan pemipaan saluran air bersih, pipa HDPE didukung sejumlah aksesoris dari segala macam bentuk dan ukuran diameter. Berikut kita bahan jenis-jenis aksesoris yang dapat digunakan dalam instalasi jaringan saluran pipa dari bahan HDPE.

Pada dasarnya jenis aksesoris atau fitting HDPE sering dibedakan berdasarkan jenis penyambungan pipa HDPE yang dipilih. Untuk itu, secara umum ada tiga macam jenis aksesoris yang biasa digunakan, yakni compression joint, electro fusion joint dan Butt fusion.

1. Compression Joint adalah aksesoris pipa HDPE yang dapat digunakan untuk proses penyambungan tanpa menggunakan mesin (welded) HDPE dan bahan perekat lainnya atau metode penyambungan Mechanical Joint. Aksesoris jenis ini memiliki beberapa bagian seperti Union socket, Compression Color dan ring penjepit. Aksesoris ini biasanya digunakan untuk pipa jenis roll dengan panjang lebih dari 50 meter, atau pipa ukuran sama dengan atau dibawah 110mm (4 inch).

2. Butt fusion adalah metode penyambungan pipa HDPE yang dilakukan dengan menggunakan Welding machine. Mesin ini bekerja dengan cara memanaskan dua sisi pipa atau aksesoris yang akan disambung secara bersamaan. Setelah meleleh sesuai rekomendasi kedua bagian ini bisa langsung disatukan.
Metode ini jugs didukung aksesoris HDPE khusus dari bahan yang sama dengan pipanya. Secara umum ada dua jenis aksesoris yang bisa digunakan, yakni aksesoris injection moulding (Cetakan pabrik) dan Segmented (dibuat dari pipa yang dibentuk sesuai kebutuhan).

3. Electro fusion joint adalah aksesoris yang digunakan untuk proses penyambungan dengan cara Electronicol Joint. Aksesoris jenis ini memiliki panel listrik yang kemudian dikonversi menjadi panas yang bekerja melehkan bagian dalam aksesoris. Pelelehan bagian dalam aksesoris dan bagian luar pipa membut proses penyambungan berjalan sempurna. Dengan sistem persenyawaan sempurna. Metode ini biasanya disarankan untuk saluran gas bertekanan.

Kelebihan Pipa HDPE Ringan. Dibanding produk pipa besi dengan asumsi efektivitas untuk saluran air bersih, pipa HDPE memiliki bobot lebih ringan. Kelebihan ini mempermudah proses instalasi dan mobilisasi dalam proses pembangunan jaringan saluran air bersih. Usia penggunaan 50 tahun. Dengan sistem penyambungan persenyawaan sempurna dan kualitas optimal produk pipa, membuat pipa HDPE dapat digunakan dalam jangka waktu lama, lebih dari 50 tahun.

Sistem penyambungan bervariasi. Pipa HDPE dapat disambung dengan beberapa cara, diantaranya welded fusion dan mechanical joint. Dengan metode pelelehan (welded fusion) dapat dilakukan dengan cara butt fusion dan electro fusion. Sementara cara electro fusion dilakukan tanpa mesin penyambung dan bahan perekat, karena hanya menggunakan aksesoris khusus atau biasa dikenal dengan istilah compression joint HDPE.

Ramah Iingkungan dan standard food grade. Kecemerlangan produk pipa HDPE adalah karakter bahan baku High Density Polyethylene atau Polietilena berdensitas (massa jenis) tinggi, yang istimewa. Ikatan antar molekul bahan baku yang kuat membuat bahan ini tak mudah rusak karena kekuatan dan elastisitas tinggi, sementara tingkat keretakan rendah.

Potensi ini yang membuat bahan HDPE tak mudah rusak dan mencemari aliran air bersih yang dialirkan, sehingga sesuai dengan standar food grade. Selain itu, seperti produk thermoplastik kebanyak, pipa jenis ini tidak mengalami masalah karat seperti pipa besi yang dapat mencemari aliran air. Sementara itu bahan yang mudah didaur ulang membuat Pipa HDPE lebih ramah lingkungan.

Lentur. Kelenturan adalah keistimewaan dari Pipa HDPE dibanding produk pipa besi. Pipa ini memiliki tingkat kelenturan tinggi dengan rumus 25 kali diameter luar pipa. Misalnya pipa dengan OD 32mm bisa ditekuk dengan jarak 25x32mm = 800mm atau 0.8 meter. Hal ini membuat proses instalasi tak membutuhkan banyak aksesoris, terutama untuk belokan. Selain itu, kelenturan pipa HDPE membuat produk ini tersedia dalam bentuk coil, atau roll (selain batang) dengan satuan terkecil 50 hingga ratusan meter.

Tahan berbagai cuaca. Pipa HDPE cocok digunakan diberbagai wilayah bahkan dengan kondisi cuaca ekstrim sekalipun. Karena selaian tahan terhadap suhu hingga 60°C, pipa jenis ini juga tahan terhadap suhu rendah. Sehingga produk bisa digunakan untuk saluran air baik di Eropa hingga negara tropis seperti Indonesia tanpa permasalahan.

Kami menyediakan pipa plastik PE dengan ukuran custom sesuai permintaan, pipa ini cocok digunakan untuk proyek pembangunan saluran air bersih.  Jika anda sedang membutuhkan pipa PE silahkan hubungi Call/SMS/WA 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 Tlp/Fax 031-8830487.  Kami menyediakan pipa plastik pilihan dengan kualitas terbaik yang tentunya sesuai dengan kebutuhan anda. Atau anda bisa order langsung via WA  kami silahkan klik DISINI.

Call/SMS/WA 085233925564 | 087702821277 | 081232584950

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *