Pengeringan Jamur dengan Sinar Matahari Mengandung 2000 Vitamin D

Menanam Anggur di Lahan Sempit
October 25, 2021
Buah Strawberry Lebih Besar dalam Polybag
November 10, 2021

Pengeringan Jamur dengan Sinar Matahari Mengandung 2000 Vitamin D

Vitamin D umumnya didapatkan dari suplemen atau dari makanan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan vitamin D alami dalam jamur yang telah terekspos sinar matahari memiliki khasiat yang sama hebatnya dengan suplemen.

Peneliti menganjurkan untuk menjemur jamur selama setengah jam sebelum disantap. Sama seperti kulit manusia, jamur mengubah ultra violet dari sinar matahari menjadi vitamin dan hal ini terus dilakukan bahkan setelah dipanen.

Studi ini melibatkan 30 orang dewasa yang diberikan kapsul yang mengandung 2000 vitamin D atau bubuk jamur yang sudah terpapar sinar matahari. Penelitian ini terus mengamati asupan vitamin D partisipan selama 12 minggu.

Dari penelitian memberikan hasil bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam tingkat vitamin D partisipan. Hasil ini membuktikan konsumsi jamur yang terekspos sinar ultra violet dan mengandung vitamin D2, dapat meningkatkan kesehatan sama seperti suplemen yang mengandung vitamin D2 atau D3.

Pengeringan adalah satu cara yang digunakan dalam mengawetkan makanan. Pengeringan bisa dilakukan dengan menggunakan panas buatan (oven) atau bisa juga dengan panas alami dari sinar matahari. Dari penelitian diatas menunjukkan bahwa pengeringan jamur dengan panas alami dari cahaya matahari lebih bagus sebab ada kandungan vitamin D2. Selain itu pengeringan dengan menggunakan sinar matahari lebih ekonomis.

Bagi petani jamur, pengeringan adalah hal yang penting untuk mengawetkan jamur. Sehingga jamur bisa dikemas dalam bentuk instan dan tidak mudah busuk, atau jamur juga bisa diolah menjadi tepung jamur. Dalam proses pengeringan jamur dengan matahari langsung perlu mnggunakan tunnel dryer. Tunner dryer adalah rumah untuk pengeringan yang terbuat dari plastik ultraviolet untuk atapnya dan besi/kayu untuk rangka. Manfaat tunnel dryer agar jamur yang dikeringkan tidak terkena hujan atau kotoran dari lingkungan bebas, dengan menggunakan tunnel dryer waktu yang dibutuhkan 2x lebih cepat.

Jika anda membutuhkan plastik ultraviolet untuk tunnel dryer, LIM CORPORATION menyediakan plastik ultraviolet dengan kandung UV 6%, dengan UV 6%  panas matahari yang masuk lebih maksimal namun tetap baik dan tidak merusak gizi lain yang terkandung dalam makanan. Jika anda membutuhkan plastik ultraviolet silahkan hubungi di nomor kami  Call/SMS/WA 085233925564 | 087702821277 | 081232584950.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *