Seribu Satu Manfaat Biji Anggur

Budidaya Nanas Dengan Menggunakan Plastik Mulsa
April 11, 2019
Tanaman Tumpang Sari di Lahan Kelapa Sawit
April 20, 2019

Seribu Satu Manfaat Biji Anggur

Orang sering kali memakan buah anggur dengan membuang bijinya. Beberapa orang bahkan membuang kulitnya saat memakan buah yang memiliki rasa manis asam itu.

Hal ini karena ada banyak mitos mengenai memakan biji buah-buahan. Mulai dari biji jambu biji yang dapat menyebabkan usus buntu, sampai biji jeruk yang akan tumbuh di dalam tubuh. Tentu saja semua hal tersebut mitos. Meskipun hal tersebut memang sebaiknya dihindari untuk mencegah tersedak saat memakannya.

Namun, bagaimana dengan biji anggur? Biji berwarna hitam kecokelatan dan memiliki ukuran yang sangat kecil tersebut ternyata memiliki kandungan bioflavonoida, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan mineral. Zat mineral yang terkandung antara lain seng (Zn), mangan (Mn), dan masih banyak lagi. Beberapa manfaat biji anggur untuk kesehatan sebagai berikut :

Menangkal radikal bebas

Kandungan anti-oksidan dan zat antikanker berupa pro-antosianidin yang membantu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Antosianidin merupakan flavonoid pada tanaman berwarna merah-biru. Zat ini terbukti mampu menangkal radikal bebas 20 kali lebih efektif daripada vitamin C dan 50 kali lebih efektif dibanding vitamin E.

Mencegah kanker

Penangkalan terhadap radikal bebas dapat membantu Anda tercegah dari penyakit kanker karena sel-sel tereduksi oleh radikal bebas.

Mencegah stroke

Biji anggur mengandung endungeoned pycnogenol yang merupakan zat penguat kolagen yang bisa menjaga kelenturan pembuluh darah yang rentan terjadi pembekuan.

Meningkatkan kekuatan tulang

Mineral kalsium (Ca) pada buah anggur bermanfaat untuk memelihara keseharan tulang. Perempuan lebih rentan terkena osteoporosis karena mengalami siklus menstruasi dan melahirkan. Oleh karena itu, konsumsi tulang anggur dapat membantu mencegah osteoporosis.

Kandungan anti-oksidan membantu menangkal radikal bebas pada tubuh. Selain itu, anti-oksidan juga meningkatkan imunitas tubuh.

Memperindah kulit

Kandungan vitamin C dan E pada biji anggur dapat membantu memperbaiki sel kulit dan juga mencegah masalah kulit seperti kulit keriput dan flek hitam.

Walaupun biji anggur penuh manfaat, bukan berarti Anda harus memakan bijinya saja. Mengikutsertakan bijinya saat memakan anggur sudah cukup. Atau, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk ekstrak anggur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *