Si Merah Yang Tumbuh Subur Dalam Polybag

Mengenal Plastik UV Greenhouse dan Proses pembuatannya
January 20, 2018
Cetak Digital Printing Kemasan Karung Laminasi Full Color
January 27, 2018

Si Merah Yang Tumbuh Subur Dalam Polybag

Mungkin ketika Anda mendengar kata stroberi, yang terbayang oleh Anda adalah sejenis buah berwarna merah ranum dengan kenikmatan rasa asam manis dan juga begitu segar. Makanan serta minuman yang berbahan dasar dari stroberi begitu digemari oleh sebagian banyak orang di seluruh dunia, baik untuk dikonsumsi secara segar, ataupun juga dicampur dengan salad maupun yoghurt. Orang-orang menyukai stroberi bukan cuma sebab rasanya yang nikmat dan enak, namun juga sebab buah ini kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tanaman stroberi, tak hanya buahnya saja yang bisa dimakan, ternyata juga daun serta akarnya pun bisa juga dimanfaatkan. Budidaya tanaman stroberi ini tak begitu susah maupun rumit, apalagi jika Anda menanamnya di polybag, tanaman yang sering di tanam pada polybag hampir sama dengan cara penanaman di area lahan bebas. Untuk Anda yang ingin membudidayakan stoberi di polybag, silahkan simak tahapan cara dan penjelasan berikut.

1. Syarat Tumbuh

Seluruh tanaman tentu memerlukan media tanam yang subur, Anda perlu menyediakan unsur hara yang diperlukan oleh tanaman stroberi yang akan Anda tanam. Stroberi tumbuh subur pada suhu antara 17 – 20 derajat celcius, tetapi jangan terlalu dingin, batas untuk kedinginan tanaman stroberi adalah antara 4 – 5 derajat celcius. Stroberi sendiri memerlukan sinar matahari selama kurang lebih 8 jam. Untuk curah hujan kisaran angka 600 – 700 mm per tahun, serta tingkat ketinggian sekitar antara 500 – 1300 di atas permukaan laut.

2. Media Tanam

Sebab Anda akan menanam di wadah polybag, stroberi lantas tak dapat langsung mencari lagi bahan makanan lain, unsur hara yang terkandung di dalam polybag amat di harapkan sekali oleh stoberi untuk perkembangan dan pertumbuhannya. Pembuatan bahan media tanam sendiri cukup serupa dengan yang lainnya.

Kumpulkan beberapa tanah lalu gemburkan, campurkan tanah tersebut yang sudah gembur dengan pupuk dasar seperti pupuk kompos ataupun pupuk kandang yang telah jadi, beri pula arang sekam ataupun sekam padi lalu pastikan seluruh bahan tercampur secara rata. Tutup memakai terpal ataupun sejenisnya lalu diamkan sekitar 1 hari atau semalaman.

Ketika Anda telah menyiapkan dan menyediakan beberapa bahan yang tadi sudah di bahas. Segera Anda siapkan plastik polybag yang bakal Anda jadikan wadah stoberi tumbuh. Masukkan tanah yang telah disiapkan ke dalam wadah polybag dengan perlahan dan hati-hati supaya tak berantakan kemana-mana.

Baca juga :

Produsen Plastik Hitam LDPE Untuk Tambak

Manfaat Plastik UV Untuk Atap Tenda Prisma Garam

NEW!! Paranet Nylon High Quality Murah

Waring Ikan Untuk Pagar Tanaman

4. Penanaman Bibit

Kalau polybag telah siap untuk digunakan dan ditanam, jadi langkah berikutnya adalah memasukkan bibit tanaman stroberi yang sudah disiapkan ke dalam wadah polybag. Bibit bisa diperoleh pada peranakan stroberi yang merambat ataupun bisa Anda peroleh dengan membeli bibit stroberi di toko bibit atau toko pertanian dan perkebunan yang menjual bibit stroberi dengan kualitas bagus.

Jika dengan menggunakan peranakan stroberi merambat, Anda perlu pastikan dahulu bibit yang merambat itu tadi cukup besar serta mempunyai perakaran yang cukup kuat, maka Anda dapat langsung memotongnya. Tetapi kalau masih kecil serta Anda ingin menanamnya Anda dapat menanam tanpa perlu memotong ranting kecil yang sedang merambat tersebut, maka cukup tempelkan saja pada wadah polybag yang telah terisi tanah. Pakailah piting guna menancapkanya supaya bibit dalam posisi tetap pada polybag.

5. Pemeliharaan & Perawatan

– Pemupukan
Pemupukan perlu Anda berikan saat tanaman stroberi Anda telah berumur sekitar 2 bulan. Anda dapat memberikan pupuk NPK pada sekeliling area perakaran.

– Penyiraman
Kerjakan langakh penyiraman ketika pagi ataupun sore hari, jangan mengerjakan penyiraman pada siang hari sebab terik matahari bisa saja membuat suhu tak stabil. Cek lebih dulu tingkat kelembaban polybag Anda, kalau di rasa kering maka Anda perlu menyiramnya.

– Penyiangan
Penyiangan harus diekrjakan secara rutin, Anda perlu memastikan yang tumbuh pada wadah polybag cuma tanaman stroberi saja, tak ada tanaman yang lainnya, atau jik ada rumput maka segera cabut rumput dan juga gulma yang tumbuh lalu bersihkan kalau ada daun kering maupun daun yang kuning pada tanaman stoberi.

– Pencegahan Hama Penyakit
Tahapan pemeliharaan ini sangat diperlukan, setidaknya Anda perlu mengatur jarak tanam yang luamyan luas, kalau tanaman dibuat dengan terlalu dekat maka kelembapan naik serta ada kemungkinan hama serta penyakit bakal terundang. Untuk hama yang kerap menyerang stroberi ialah seperti contoh hama ulat serta pakai saja pestisida berjenis kontak, Anda dapat membelinya pada toko pertanian guna mengatasi masalah hama tersebut.

– Pemangkasan
Kalau tanaman stoberi Anda tumbuh dewasa umumnya akan mengeluarkan anakan lewat ranting kecil. Kalau tak mau membibitkanya jadi segera pangkas saja ranting tersebut, serta kalau Anda ingin mendapatkan bibit lagi jadi kerjakan saja tahap sebaliknya dari penjelasan di atas, jadi Anda memerlukan media polybag yang baru lagi serta perbanyak tanaman stroberi Anda.

– Pengaturan Buah
Tips! Pernahkah Anda melihat stroberi dengan buah yang begitu besar serta tak umum dengan yang lainnya? Mulai sekarang Anda juga bisa melakukannya. Anda cukup menyisakan sebanyak 3 bunga saja. Kalau ada bunga yang sedang tumbuh dalam 1 pohon stroberi melebihi 3 jadi Anda bisa langsung untuk memotongnya lalu sisakan cuma 3 saja.

Menyediakan polybag pembibitan yang sangat cocok digunakan untuk tanaman strawberry dan tanaman lainya. Jangan khawatir dengan ukuran polybag,karena anda bisa memesanya sesuai permintaan anda dan tentunya dengan harga langsung pabrik. Info Harga Call/SMS/WA  081232584950 | 087702821277 | 087702821277. Harga polybag terupdate klik DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *