Solar Drom Dryer dan Geomembran untuk Meningkatkan Kadar Nacl pada Garam

Sukses Penanaman Organik Dengan Plastik UV dan Insect-net
November 18, 2017
Jual Plastik Alas Tambak dan Alas Cor Merk MONTANA
November 28, 2017

Solar Drom Dryer dan Geomembran untuk Meningkatkan Kadar Nacl pada Garam

Garam adalah bahan/bumbu masakan yang ditemukan hampir di semua peradaban. Diperkirakan awal munculnya adalah sejak jaman neolitikum. Sebelum ditemukan cara memproduksi garam, manusia memberikan rasa asin pada makanannya dengan cara diantaranya dengan menggunakan air laut, akan tetapi rasa tersebut akan segera hilang saat selesai dimasak (dibakar). Garam mulai diproduksi secara masal diperkirakan dilakukan pada milenium pertama sebelum Masehi, di mana pada saat itu sudah berdiri pemerintahan Administratif di China, Dinasti Ptolemy di Mesir dan Dinasti Sekulus di Persia.

Dalam buku Cambridge World History of Food, Kenneth F. Kiple dan Kriemhild Conee Ornelas menuliskan bahwa pada masa awal produksi garam yang sekarang kita kenal, yaitu Natrium Klorida (NaCl) dilakukan dengan beberapa metode seperti dengan menguapkan air laut dengan bantuan sinar matahari, mendidihkan air yang mengandung garam sehingga terbentuk lapisan garam sampai ke penambangan garam yang sudah membatu karena proses alam di sumber-sumber air garam.

Baca juga :

Produsen Plastik Hitam LDPE Untuk Tambak

Manfaat Plastik UV Untuk Atap Tenda Prisma Garam

NEW!! Paranet Nylon High Quality Murah

Waring Ikan Untuk Pagar Tanaman

Seiring dengan kemajuan jaman, pembangunan di segala bidang makin harus diperhatikan. Salah satu jalan untuk meningkatkan taraf hidup bangsa adalah dengan pembangunan industri, termasuk diantaranya adalah industri kimia, baik yang menghasilkan suatu produk jadi maupun produk antara untuk diolah lebih lanjut.

Pembangunan industri kimia yang menghasilkan produk antara ini sangat penting, karena dapat mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap industri luar negeri, yang pada akhirnya akan dapat mengurangi pengeluaran devisa untuk mengimpor bahan tersebut, termasuk diantaranya garam dapur.

Garam merupakan salah satu kebutuhan yang merupakan pelengkap dari kebutuhan pangan dan merupakan sumber elektrolit bagi tubuh manusia. Walaupun Indonesia termasuk negara maritim, namun usaha meningkatkan produksi garam belum diminati, termasuk dalam usaha meningkatkan kualitasnya. Di lain pihak untuk kebutuhan garam dengan kualitas baik (kandungan kalsium dan magnesium kurang banyak diimpor dari luar negeri, terutama dalam hal ini garam beryodium serta garam industri.

Kualitas garam yang dikelola secara tradisional pada umumnya harus diolah kembali untuk dijadikan garam konsumsi maupun untuk garam industri. Pembuatan garam dapat dilakukan dengan beberapa kategori berdasarkan perbedaan kandungan NaCl nya sebagai unsur utama garam. Jenis garam dapat dibagi dalam beberapa kategori seperti; kategori baik sekali, baik dan sedang. Dikatakan berkisar baik sekali jika mengandung kadar NaCl >95%, baik kadar NaCl 90–95%, dan sedang kadar NaCl antara 80–90% tetapi yang diutamakan adalah yang kandungan garamnya di atas 95%.

Garam industri dengan kadar NaCl >95% yaitu sekitar 1.200.000 ton sampai saat ini seluruhnya masih diimpor, hal ini dapat dihindari mengingat Indonesia sebagai negara kepulauan. Petani garam di Indonesia  masih menggunakan metode tradisional yang menghasilkan garam dngan kadar Nacl dibawah 70%, garam yang dipanen harus diolah lagi untuk memenuhi permintaan pasar yang membutuhkan kadar garam diatas 95%, hal ini yang membuat harga jual garam Indonesia masih sangat rendah.

Untuk meningkatkan harga jual garam ,para petani harus meninggalkan metode tradisional ke modern, yaitu dengan menggunakan geomembran dan solar drom dryer untuk pengeringan garam ini. Solar drom dryer atau juga bisa disebut dengan kubah pengering merupakan teknologi sederhana yang membantu memaksimalkan pengeringan. Dengan mengaplikasikan dua metode tersebut kadar garam akan meningkat hingga 90% dan warna garam semakin putih.

Untuk info harga terupdate silahkan klik DISINI atau hubungi CALL/SMS/WA 085233925564 | 081232584950 | 087702821277.

Namun sayangnya harga geomembran dan plastik uv relatif mahal karena  barang di import dari negara lain. Bagi para petani garam yang ingin memulai metode pengeringan garam modern kami siap menyediakan plastik alas tambak dan plastik UV buatan lokal  untuk atap solar drom dryer dengan harga sangat murah, kedua bahan plastik tersebut kami produksi sendiri sehingga harga dijamin lebih murah. Berikut adalah beberapa contoh metode  untuk pembuatan garam :

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *