Cara Tepat! Menanam Bunga Matahari dalam Greenhouse

Gak Nyangka, Pembibitan Tanaman Kopi Sukses dengan Paranet
February 19, 2019
Menarik! Jagung dan Caberawit Bisa ditanam dengan Metode Tumpangsari
March 1, 2019

Cara Tepat! Menanam Bunga Matahari dalam Greenhouse

Teknik berbudidaya bunga matahari lumayan gampang, karena tanaman ini gampang tumbuh dan pada saat berbunga selalu bergerak mengikuti arah matahari. Mungkin itulah sebabnya kenapa dinamakan dengan bunga matahari.

Bunga matahari dapat tumbuh dimana saja pada ketinggian sekitar 0,5—4,5m tergantung varietas dan biji–bijiannya, bahkan bisa dipanen dan hasilnya bisa dikonsumsi sebagai cemilan yang cukup sedap. Bagi Anda yang tertarik untuk berbudidaya bunga matahari, ada beberapa tahap untuk menanamnya, yaitu :

Siapkan Benih Bunga Matahari

Tahapan awal Anda harus melaksanakan pemilihan benih. Pilihlah jenis bunga matahari yang sangat cocok dengan kebutuhan lahan kebun Anda. Walaupun sebagian besar jenis bunga matahari tumbuh sampai beberapa meter, ada beberapa jenis bunga matahari yang ukurannya kecil dan tingginya di bawah 1m.

Beberapa jenis bunga matahari yang sangat terkenal, antara lain mammoth, fiesta del sol, autumn beauty, bigsmile, sunbeam, serta teddy bear. Ada juga jenis yang lainnya seperti early russian, pacino gold, velvet queen, red sun, music box, giant sungold, moonwalker, chocolate sunflower, valentine, margarita azul, ring of fire sunflowers, taiyo, indian blanket, earth walker, serta cherry rose.

Siapkan Lahan

Menanam bunga matahari disarankan untuk melakukannya di lahan terbuka. Pilihlah lahan yang terkena sinar matahari secara langsung. Bunga matahari tumbuh dengan subur pada iklim hangat sampai panas. Iklim dengan musim panas yang panjang sangat cocok untuk menumbuhkan bunga matahari. Tetapi, umumnya bunga matahari bisa hidup di mana saja asal kondisi tanah subur dan rutin disiram air.

Selain itu, supaya bunga matahari tumbuh dengan baik, maka letakkan tanaman ini di tempat yang terlindung dari angin. Misalnya di sepanjang pagar, di samping rumah, di belakang barisan pohon yang kuat, atau di dalam green house.

Tanam Bunga Matahari di Tanah Yang Baik

Jika Anda menanam bunga matahari di lahan yang terbuka, sebaiknya menggunakan cara penanaman benih biji dengan mengggunakan media lubang maksimum 1,5cm. Disarankan untuk menggunakan tanah humus yang cukup baik, yaitu yang sebelumnya sudah dibasahi dengan siraman air.

Jarak yang normal untuk menanam bunga matahari yaitu 45cm. Anda harus teliti memperhatikan hal ini. Karena, jika jaraknya terlalu dekat, akan memengaruhi proses tumbuh bunga matahari.

Dalam setiap lubang, Anda dapat memasukkan 2 biji benih bunga matahari. Jangan sampai lupa untuk rutin melaksanakan penyiraman. Sekitar 14 hari kemudian, Anda dapat melihat kemajuan benih yang Anda tanam.

Berikan Pupuk dan Siram Secara Teratur

Setelah Anda selesai melaksanakan penanaman, jangan lupa untuk memupuk bunga matahari yang Anda tanam supaya bisa tumbuh subur dan terhindar dari hama. Ketika tanaman telah berusia 3 bulan, maka tunas bunga matahari sudah mulai bermunculan. Untuk itu, Anda dapat memotong tunas bunga yang Anda anggap kurang bagus dalam pertumbuhannya.

Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu untuk menikmati hasil mekarnya bunga matahari yang telah Anda tanam. Jika bunga mataharinya tumbuh sumbur, maka halaman rumah Anda akan terlihat lebih ceria.

Jika Anda membutuhkan Plastik UV Untuk budidaya tanaman atau untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)
Telp : 031- 8830487
Mobile : 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *