Maksimalkan Produk Cabai Anda Di Segala Musim
November 29, 2016
Polybag Tanaman
December 15, 2016

Lim Corporation

Siapa yang tak kenal buah/sayuran bulat berwarna merah dengan rasa segar-asam bernama tomat? Ya, secara umum tomat merupakan bahan makanan yang digunakan dalam berbagai jenis masakan di seluruh dunia. Buahnya biasa dimasak menjadi saus pasta ala Italia, saus tomat khas Amerika, saus salsa Meksiko, bahkan juga pelengkap sambal terasi-nya Indonesia. Tanpa dimasak, tomat dapat dikonsumsi sebagai lalapan, pelengkap salad, dan dapat diolah menjadi minuman berupa jus.

Manfaatnya tak hanya terkenal di dunia kuliner, kini tomat juga digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kosmetik karena kandungannya yang bermanfaat bagi kulit.

Budidaya tomat relatif mudah asal menguasai teknik budidaya secara tepat. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam budidaya tomat yaitu:
1.Varietas tomat. Jenis tomat yang sesuai dengan suhu dan iklim dimana tomat dibudidayakan akan menunjang hasil panen dan kualitas tomat tersebut. Contohnya, tomat jenis Berlian, Kada, Prestise, Royal, dan Mutiara hanya cocok ditanam di daerah dataran tinggi. Selain itu jenis Donna, Oval, Mirah, Intan, CLN, Ratna, Permata, Zamrud, dan Arthaloka hanya cocok hidup di dataran rendah. Adapun varietas GH2, Lady, Victory, dan GH4 dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran tinggi dan rendah.

2.Pencahayaan. Tomat memerlukan cahaya matahari yang cukup, setidaknya 8 jam per hari tanaman ini harus terkena cahaya matahari.

3.Suhu. Suhu ideal bagi tanaman tomat yaitu 21-28 derajat celcius di siang hari dan 15-20 derajat celcius di malam hari.

4.Tanah. Tomat dapat tumbuh optimal di lahan yang gembur, berpasir, subur, dan mengandung humus. Derajat keasaman ideal bagi tomat yaitu antara 5,5-6,5. Jika tanah terlalu asam maka perlu diberi kapur dolomit atau Kaptan 3-4 minggu sebelum ditanami.

5.Tata air dan tata udara. Tanaman tomat memerlukan banyak air namun jika terlalu banyak (menggenang) maka akan membuat akar mudah busuk. Kelembaban tanah harus terjaga, salah satu cara efektif, yaitu menggunakan mulsa plastik hitam perak (MPHP).

6.Waktu tanam. Curah hujan yang terlalu tinggi akan menghambat tomat untuk berbuah. Selain itu juga meningkatkan serangan penyakit Pseudomonas Solanaceareum yang berakibat pada rendahnya jumlah buah tomat. Untuk itu, tomat paling baik ditanam 2 bulan sebelum musim hujan berakhir dan berbuah di musim kemarau. Di saat ini intensitas cahaya, kelembaban tanah, dan suhu udara sangat ideal bagi pertumbuhan tomat.

#Untuk info harga plastik mulsa terupdate silahkan klik DISINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *