Ukuran Waring Ikan Untuk Pertanian dan Perikanan

Mengusir Hama Trip Tanpa Pestisida dengan Mulsa Plastik
August 2, 2016
Waring Ikan Untuk Budidaya Ikan Keramba
August 2, 2016

Ukuran Waring Ikan Untuk Pertanian dan Perikanan

Dalam buidaya perikanan terkadang dijumpai beberapa masalah seperti ketersediaan air yang tidak cukup, sulitnya pemanenan, sulitnya pengontrolan, sulitnya pengurasan dan masalah lainnya. Namun, seiring perkembangan zaman tidak lagi hanya berupa kolam hasil galian atau cekungan yang diisi air dan ikan, namun teknologi waring atau kolam jaring sudah banyak digunakan.
Waring ikan sesuai namanya adalah waring yang dimanfaatkan untuk budidaya ikan, mulai dari proses perkembangan, pemilaharaan, hingga pemanenan. Waring untuk pertanian perikanan ini sering disebut dengan waring ikan atau water net. Waring ikan berbentuk jaring dengan ukuran kelonggaran disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan pertaniannya. Terbuat dari plastik dan berwarna hitam. Waring ini biasa digunakan untuk pembatas pada kolam, tambak, atau membuat keramba di danau atau sungai. Waring jenis ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pagar perkebunan atau sawah.

Dengan waring, masalah ketersediaan air dapat teratasi karena budidaya ikan hanya dapat dilakukan di tempat dengan ketersediaan air melimpah seperti di sungai, danau, waduk, dan laut yakni dengan menggunakan waring ikan sebagai pembatas kolamnya atau sering disebut dengan keramba, tambak dan kolam jaring. Sifat waring yang berlubang berguna untuk melancarkan sirkulasi air di dalam kolam, sehingga kebutuhan oksigen untuk ikan selalu tersedia cukup. Selain itu, sirkulasi air yang lancar akan memudahkan ikan mendapatkan makanannya yang terbawa oleh air seperti lumut, serangga, ikan-ikan kecil dan sebagainya sehingga dapat menghemat penggunaan pakan ikan. Kotoran ikan pun akan dengan mudah terbawa oleh arus air sehingga tidak perlu dilakukan pengurasan.

Penggunaan waring juga akan mempermudah pengontrolan, karena kondisi ikan dapat dengan mudah dilihat bahkan ketika air keruh, waring tinggal digulung atau ditarik untuk melihat kondisi perkembangan ikan, juga memudahkan pemanenan dan penyortiran ikan, khususnya pada kolam jaring dan keramba.
Waring ikan dijual dalam beberapa jenis dan ukuran yang berbeda, yakni sebagai berikut:

1.Waring Ikan Merk ARWANA
Waring ikan jenis ini, dibuat dengan benang single, dengan ukuran lebar 1,2 m dan panjang 100 m.

2.Waring Ikan Merk PANCING
Waring ikan jenis ini dibuat dengan benang single, dengan ukuran lebar atau ketinggian 1,2 m dan panjang 90 m.

3.Waring Ikan Merk RK
Waring jenis ini dibuat dengan benang double, dengan ukuran lebar atau ketinggian 1,2 m dan panjang 100 m.

4.Waring Ikan Jenis TL
Waring ikan TL dibuat dengan anyaman plastik sederhana. Disusun dari 2 benang vertikal pelintir, dengan satu rongga diselipkan secara zigzag 1 benang horisontal. Lebar lubang waring TL berkisar 4 mm. Digulung dengan panjang sekitar 100 meter, ketinggian 1,2 meter dan kisaran berat 8 kg.

5.Waring Ikan Jenis RK
Waring ikan RK memiliki anyaman yang lebih rumit dibandingkan waring TL. Benang vertikal disusun dari 4 benang, dan diselipkan 3 benang horizontal secara zigzag. Dengan begitu waring RK lebih kuat dibandingkan dengan waring TL. Digulung 1 roll dengan panjang 100 meter, ketinggian 1,2 meter dan bobot sekitar 16 kg.
6.Waring Ikan Jenis Polinet.
Meskipun disusun sederhana sebagaimana waring jenis TL, akan tetapi dari masing-masing pertemuan benar vertikal dan horizontal selalu dikuatkan dengan ikatan. Jenis waring ini juga banyak digunakan para kontraktor pada saat proses pembangunan gedung.

Apabila ukuran yang diinginkan tidak sesuai dengan ukuran waring ikan yang disediakan oleh pabrik, tinggal memotong waring sesuai ukuran dimensi yang diinginkan dan menyambungkannya. Sambungan berupa jahitan dengan benang dan atau kawat kuat yang lentur dan mudah diikatkan atau dapat pula dijahit dengan benang. Demikian ukuran waring ikan dan beberapa jenisnya. Gunakanlah waring ikan yang berkualitas agar tahan lama dan gunakan sesuai dengan kebutuhan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *