Cara Mendinginkan Rumah Walet, dengan Paranet Bisa

Metode Greenhouse Menghasilkan Vanili Premium
June 2, 2021
Greenhouse Semi Modern, Solusi Mudah Petani Konvensional
June 14, 2021

Cara Mendinginkan Rumah Walet, dengan Paranet Bisa

Temperatur yang tepat merupakan salah satu kunci walet betah dirumah yang telah disiapkan. Selain itu temperatus yang pas membuat walet mudah berkembang biak. Berapakah suhu/temperatur yang tepat untuk rumah walet?

Para pakar dibidang usaha ini menjelaskan temperatur yang pas untuk rumah walet berkisar antara 27 derajat – 29 derajat celcius. Pada kisaran itulah walet bisa nyaman dan merasa seperti dihabitat aslinya.

Bagaimanakah cara mengatur suhu/temperatur pada rumah walet?

1. Mengecat tembok luar rumah walet
Jika kita melihat kebanyakan para petani enggan mengecat dinding luar rumah walet sebab penghematan biaya, padahal hal tersebut merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan. Hal ini memang tak menjadi persoalan apabila suhu rumah walet tersebut berada pada kondisi yang ideal. Apabila suhu pada rumah walet terlalu panas maka pelapisan dinding dengan cat berperan penting dalam menunjang keberhasilan para petani.

Untuk melakukan pengecatan pada rumah walet juga tidak sembarangan. Pemilian warna harus dilakukan dengan cermat disesuaikan dengan tempatnya. Penggunaan warna-warna cerah memeberikan efek suhu yang lebih dingin. Sebelum melakukan pengecatan hendaknya dinding diplamir terlebih dahulu. Sehingga cat lebih awet dan anti lumut.

2. Membuat ventilasi udara yang baik
Untuk rumah walet yang berada didaerah panas, biasanya temperatur rata-rata ditempat tersebut berkisar antara 30-32 derajat Celcius. Nah cara agar turun pada posisi yang pas adalah dengan pembuatan ventilasi udara.

Anda bisa memasang ventilasi udara dengan berbagai cara, banyak sekali cara dalam pembuatan ventilasi rumah walet. Sebaiknya, pembuatan ventilasi disesuaikan dengan kondisi serta bentuk bangunan walet Anda. Sirkulasi udara yang bagus tidak hanya dapat menurunkan temperatur, juga menjadikan rumah walet nyaman.

3. Menebalkan lapisan dinding atau tembok rumah walet
Cara lainnya yang ampuh untuk menurunkan temparatur rumah walet yaitu dengan menebalkan tembok atau dindingnya. Dengan trik ini, temperatur panas yang di pancarkan matahari dapat diminimalisir sehingga temperatur realtif lebih stabil.

Salah satu cara gampang yang bisa digunakan untuk mempertebal tembok ialah dengan menyusun batu bata secara membujur. Walaupun pembangunannya terbilang lebih tinggi, namun cara ini rupanya menguntungkan dan telah banyak petani walet yang menerapkan cara ini.

4. Menambahkan paranet
Paranet yaitu jaring yang digunakan oleh petani untuk menaungi tanaman yang tidak memerlukan paparan cahaya matahari langsung. Paranet ini bisa anda manfaatkan untuk gedung walet yang terlalu panas. Cara menggunakanya dengan memasang paranet pada dinding luar gedung walet yang terkena paparan sinar matahari langsung.

Umumnya panas yang berlebihan pada siang hari jam 12 ke atas, sehingga penempatan paranet pada bagian barat gedung. Namun banyak juga pengusaha walet membungkus seluruh gedung waletnya seperti kelambu dan hanya lubang masuk burung yang dibiarkan terbuka.

Posisi atas paranet dikaitkan pada lesplang gedung supaya ada ruang antara dinding gedung dengan paranet untuk memberikan sirkulasi udara.

Jaring paranet bisa juga digunakan untuk peneduh teras rumah, kolam renang, cafe, tempat parkir dll. Jika anda membutuhkan parnet Lim Corporation menyediakan dengan berbagai kualitas dan jenis. Paranet yang kami jual harga langsung dari pabrik, bagi anda yang memerlukan paranet dengan kwantity banyak kami menyediakan dengan harga grosir dan diskon. Info selengkapnya bisa hubungi cs kami Call/SMS/WA 085233925564 | 087702821277 | 081232584950.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *