Metode Baru!! Menanam Porang Dalam Polybag

Budidaya Tanaman Porang dengan Plastik Mulsa agar Hasil Panen Maksimal
June 2, 2021
Metode Greenhouse Menghasilkan Vanili Premium
June 2, 2021

Metode Baru!! Menanam Porang Dalam Polybag

Menanam porang dilahan terbatas apa bisa? bagi pemilik lahan terbatas jangan berkecil hati, kita dapat akali dengan menanam porang di polibag. Penyemaian biji porang juga bisa dengan polybag. Porang merupakan tanaman tropis yang termasuk dalam keluarga iles-iles.

Porang memiliki umbi dengan kandungan Glucocaman yang tinggi. Tanaman porang atau amorphopallus oncophillus dalam bahasa latinnya pada saat ini permintaan sedang tinggi-tingginya khususnya untuk industri kesehatan, makanan dan juga kecantikan. Sedangkan pembudidayaan porang masih minim diwilayah Indonesia, padahal untuk membudidayakan porang tidaklah terlalu susah dilakukan.

Bagaimanakah cara budidaya tanaman porang dalam polybag?

Menanam porang, ada banyak teknik yang bisa dilakukan terutama dalam hal membuat bibit porang. Untuk teknik membuat bibit porang, yang pertama bisa menggunakan biji. Tanaman porang ini akan berbunga sesudah berusia 4 tahun, bunga tersebut nantinya akan berubah menjadi buah yang kemudian dapat menghasilkan biji. Biji itulah sangat bagus dikembangbiakkan pada saat musim hujan. Dan teknik yang kedua yaitu dengan menggunakan bintil yang terdapat diantara cabang dan batang porang, bintil itulah yang ditanam untuk mengembang biakkan porang. Teknik selanjutnya adalah dengan umbi.

Pertama siapkan medianya berupa polybag dengan ukuran 60 x 60 cm minimal , kemudian langkah berikutnya adalah menyiapkan tanah, pasir, selain itu siapkan juga pupuk organik berupa pupuk kompos atupun pupuk bokashi dengan perbandingan 1:1:1 atau boleh dilebihi pupuk organik dengan perbandingan 2.

Tanah yang digunakan adalah tanah yang subur, banyak mengandung unsur hara, dengan tekstur gembur, komposisi terdiri dari tanah liat, pasir dan mengandung sedikit debu, apabila kandungan ini telah tercukupi maka tanah ini sudah cocok untuk menjadi bahan media tanaman Porang, dan jika kadar unsur haranya minim bisa tambahkan pasir dan pupuk organik.

Manfaat Menanam Porang Dalam Polybag

1. Mudah untuk perawatan tanaman
2. Tanaman dapat di pindah, jika lahan akan di gunakan untuk hal lain. Seperti kita hendak menebang pohon naungan, supaya tidak jatuh mengenai Porang
3. Pemberian pupuk bisa optimal dan tidak termakam tanaman di sekitarnya
4. Mempercepat masa panen
5. Cara tanam tidak membutuhkan ukuran jarak antar tanaman karena porang dalam polybag
6. Dengan lahan sempit kita bisa menanam banyak Porang

Metode menanam porang dalam polybag merupakan solusi yang tepat untuk para pemilik lahan yang sempit dan mengoptimalkan produksi pertanian. Penempatan porang yang baik yaitu dengan metode menanam porang di bawah pohon besar, seumpama saja pohon jati selain itu porang bisa juga di tanam dengan metode penanaman di polybag. Metode tanam tersebut tidak akan merusak tanaman lainnya, metode tanam seperti ini juga sebagai pemanfaatan lahan secara optimal untuk menghasilkan nilai ekonomi. Porang cukup sekali tanam, kemudian tinggal melaksanakan perawatan dan pemanenan. Porang cukup ditanam di lahan sekitar pohon jati yang rindang atau di polybag. Umbi nantinya akan dapat tumbuh kembali setelah panen dengan cara meninggalkannya di lubangnya semula.

Bagaimana mudah bukan? jika anda membutuhkan polybag untuk tanaman porang atau tanaman lainya yang memerlukan ukuran khusus Lim Corporation siap melayani. Kami menyediakan polybag dengan 2 kualitas yaitu super dan biasa. Info selengkapnya bisa hubungi admin kami WA/Call/SMS 085233925564/087702821277/081232584950.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *